Lihat ke Halaman Asli

Artikel tentang Kewirausahaan

Diperbarui: 21 Oktober 2022   15:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan atau membangun usaha baru sesuai dengan modal yang ada, yang dimiliki oleh orang tersebut.

Perusahaan adalah suatu proses atau kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk mengidentifikasi, mengembangkan peluang, cara untuk menjalankan dan mengembangkan suatu usaha dengan visi dan misi ke arah yang lebih baik.

Proses kewirausahaan ditandai atau diawali dengan adanya inovasi-inovasi atau kreativitas seseorang dan hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai fakta baik yang berasal dari diri pribadi seseorang tersebut maupun dari luar pribadinya, seperti pendidikan, organisasi, lingkungan sosiologi dan kebudayaan. Faktor-faktor tersebut membentuk ke inovasian, kreativitas dan pertumbuhan yang kemudian berkembang menjadi wirausahawan. Agar tetap dapat memenuhi kebutuhan hidup, mengikuti gaya hidup yang terjadi atau setidaknya bertahan pada kemajuan zaman yang telah berubah untuk itu, diperlukan sebuah strategi yang tepat dan solusi bagi permasalahan tersebut. Memiliki tidak hanya satu jenis usaha merupakan salah satu solusi yang tepat karena jika hanya memiliki satu jenis usaha, ketika usaha tersebut bangkrut maka akan terjadi kegagalan karena usaha tersebut merupakan satu-satunya usaha yang dimiliki. Namun lain cerita apabila memiliki tidak hanya satu, melainkan beberapa jenis usaha lainnya. Usaha lain tersebut tidak harus merupakan jenis usaha yang besar yaitu dengan modal besar dan keuntungan yang besar kita dapat memulai membuka usaha kecil-kecilan.

Usaha kecil-kecilan banyak sekali macamnya, dapat dijalankan di mana saja, dan Oleh siapa saja. banyak sekali keuntungan dari memiliki usaha kecil-kecilan. Antara lain adalah keuntungan bagi seseorang yang ingin menambah uang uang saku bagi pelajar, dapat membantu ekonomi keluarga untuk ibu rumah tangga, untuk simpanan dan lain sebagainya. Seperti yang dapat dilihat usaha kecil-kecilan ini dapat dijalankan oleh siapa saja baik dari golongan remaja maupun ibu rumah tangga. Dari beberapa jenis usaha kecil-kecilan yang dapat dijalankan biasanya yang paling diminati adalah jenis usaha kecil-kecilan yang menguntungkan, yang menjanjikan serta yang laris dan cocok untuk pemula.

Kriteria dari jenis usaha kecil-kecilan ini adalah jenis usaha yang memiliki modal yang minim atau bahkan dinilai tanpa modal sekalipun. Jenis usaha kecil-kecilan yang paling cocok dilakukan untuk pemula bisnis yang pada umumnya tidak atau belum memiliki keahlian khusus. Kriteria lain dari usaha kecil-kecilan adalah tidak membutuhkan banyak pegawai serta tidak harus memiliki badan usaha. Kritik lain dari usaha kecil-kecilan adalah jenis usaha ini ditujukan untuk usaha kecil-kecilan yang tidak memiliki tempat permanen, keuntungan yang dapat diperoleh adalah untuk berjualan maka usaha anda terbebas dari pajak. Untuk usaha kecil-kecilan yang tidak memiliki tempat permanen layaknya tokoh dan restoran untuk berjualan maka usaha anda terbebas dari pajak.

Contoh usaha kecil-kecilan :

Usaha kecil-kecilan yang cocok untuk pelajar atau mahasiswa yaitu usaha jualan pulsa.

Usaha kecil-kecilan yang cocok untuk ibu rumah tangga yaitu usaha warung dan usaha gorengan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline