Lihat ke Halaman Asli

Pemanfaatan Teknologi dalam Belajar

Diperbarui: 8 November 2023   16:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Oleh : ZUNITA INTAN PERMATASARI

UNIVERSITAS AHMAH DAHLAN

Dalam era digital yang saat ini terus berkembang penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan menjadi semakin massif. Terutama bagi mahasiswa dengan adanya artificial intelligence (AI), mahasiswa menjadi semakin terbantu dalam mempelajari sebuah materi ataupun dalam mebuat tugas. Dewasa ini pemanfaatan teknologi dala belajar bukan lagi sekedar opsi, tetapi sebuah strategi yang efektif bagi mahasiswa modern.

Peran AI dalam Pembelajaran Mahasiswa

Keberadaan AI merupakan perkembangan yang menarik. AI mampu menjawab serta membantu apapun yang kita perlukan. Dengan munculnya AI membuat lingkungan pembelajaran yang lebih efisien, produktif serta simple. Berikut ialah peran AI dalam pembelajaran mahasiswa:

  • Bantuan dalam Pencarian Informasi
  • AI dapat membantu bukan hanya untuk mahasiswa tetapi juga untuk semua kalangan karna AI dapat memberikan informasi yang relevan dan berkualitas tinggi.
  • Personalisasi Pembelajaran
  • AI memungkinkan untuk menjadi guru pribadi seperti memberikan penjelasan mendetail tentang suatu materi lalu memberikan soal-soal untuk mengetahui sejauh mana kita memahami materi tersebut. Oleh karna itu AI memungkinkan untuk memberikan pembelajaran yang lebih personal.
  • Pengelolaan Waktu yang Efisien
  • Mahasiswa sering dihadapkan oleh jadwal padat dikarenakan banyaknya tugas atau kegiatan. Oleh karna itu AI dapat membantu dalam pengelolaan waktu dengan menyarankan jadwal belajar yang efisien.
  • Evaluasi Otomatis Tugas
  • Dengan bantuan AI kita dapat melakukan penilaian tugas dengan cepat dan konsisten.

Tantangan dan Kewaspadaan dalam Pemanfaatan Teknologi

Meskipun AI memiliki banyak sekali keuntungan dan manfaat yang signifikan, tidak dipungkiri ada pula tantangan dan kewaspadaan yang perlu dipertimbangkan dengan adanya AI ini, diantaranya yaitu:

  • Isu Privasi dan Keamanan
  • Penggunaan teknologi seperti ini jelas sering melibatkan pengumpulan data pribadi orang yang memakainya. Maka dari itu perlu adanya langkah-langkah yang kuat untuk melindungi privasi dan data pribadi kita.
  • Ketergantungan
  • Tantangan yang satu ini jelas adalah yang paling utama dan yang paling menjadi perhatian. Hal ini dikarenakan dengan adanya AI, mahasiswa ataupun masyrakat luas yang sudah memahami bagaimana cara memakainya menjadi lebih menyepelekan pekerjaan karna AI bisa dengan mudah membantu menyelesaikannya. Maka dari itu harus adanya penanaman pola pikir bahwa AI itu adalah alat bantu, bukannya sebuah alat yang bisa kita utamakan.

Masa Depan Pembelajaraan Mahasiswa

Masa depan pembelajaran mahasiswa menurut saya akan semakin terpengaruh oleh adanya integrasi antara teknologi dan AI. Dan menurut saya ini adalah suatu peluang besar untuk memperdayakan mahasiswa untuk mencapai potensi terbaik mereka.

Namun disisi lain ini juga menuntut para tenaga pengajar yaitu dosen dan juga para guru untuk bisa lebih melek terhadap teknologi dan tidak ketinggalan zaman, karna sesuai pengalaman saya terdapat banyak sekali tenaga pengajar yang terlalu kolot dan tidak paham terhadap teknologi yang pada akhirnya ia dapat dipermainkan oleh mahasiswanya sendiri.

Pemanfaatan teknologi dalam belajar adalah kenyataan yang tak dapat dihindarkan lagi dalam dunia pendidikan saat Ini. Penggunaan teknologi dan AI dala pembelajaran akan membantu membuat para mahasiswa menjadi lebih terampil, produktif, dan siap menghadapi perkembangan di dunia yang terus berubah dengan cepat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline