Lihat ke Halaman Asli

Zunaida Erma Rahmawati

Pelajar/Mahasiswi

Partisipasi Kelompok 16 KKM UIN Malang dalam Kegiatan Posyandu di Kelompok Posyandu Anggrek VI

Diperbarui: 17 Januari 2023   12:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Jetak Ngasri, Mulyoagung- Senin (9/1/2023) pukul 09.00 WIB kami dari kelompok KKM 16 UIN Malang berpartisipasi dalam kegiatan Posyandu yang diadakan oleh kelompok Posyandu Anggrek VI di Dusun Jetak Ngasri, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Kami bersama para Kader Posyandu, dan dua bidan melaksanakan kegiatan Posyandu ini dengan lancar hingga pukul 11.30 WIB.

img-6684-63c61b9f4addee7bf6063082.jpg

Posyandu merupakan kegiatan rutinan warga yang diadakan setiap satu bulan sekali, untuk pemeriksaan kesehatan gratis bagi bapak/ibu lansia dan juga untuk melihat tumbuh kembang anak dari umur 1 bulan-5 tahun. Pemeriksaan untuk bapak/ibu lansia biasanya terdapat pemeriksaan tekanan darah, kandungan gula darah, kolesterol, asam urat, dan pemeriksaan berat badan serta tinggi badan. 

Jika di rasa diperlukan pemberian obat, maka bidan yang memeriksa akan meresepkan obat untuk bapk/ibu tersebut. Sedangkan pemeriksaan untuk anak-anak, akan dilakukan pemeriksaan berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan jika waktunya imunisasi maka ada pemberian imunisasi juga sesuai dengan jadwal anak-anak tersebut. Setelah pemeriksaan yang dilakukan oleh ibu-ibu kader posyandu dan ibu-ibu Bidan, bapak/ibu lansia dan anak-anak akan diberikan makanan.

Dok. pribadi

Kami kelompok 16 KKM UIN Malang merasa tersanjung diberikan izin untuk mengikuti kegiatan Posyandu tersebut. Mengikuti kegiatan tersebut membawa pengalaman baru bagi kami mengenai seputar pemeriksaan gratis yang sudah menjadi program pemerintah Indonesia dari dahulu hingga sekarang. Selain menambah pengalaman, kami juga mendapatkan pengetahuan baru yang tidak kami dapatkan dari dunia pendidikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline