Lihat ke Halaman Asli

Solusi Mengurangi Subsidi BBM

Diperbarui: 26 Juni 2015   15:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

melarang sepeda motor pakai premium dan harus pakai pertamax yang bebas subsidi koq kayaknya gak fair, bukankah mobil itu lebih kaya orangnya / pemiliknya? tapi memaksakan mobil pakai pertamax, yang terimbas kenaikan harga ya angkutan umum, penumpang nya akan menjerit dan berteriak lebih keras dari pada GPSMDBRI. tau kepanjagannya? gabungan pengendara sepeda motor dan berhelm republik indonesia.

jadi solusi terbaik adalah dengan mengenakan pajak / biaya subsidi bahan bakar dalam pajak kendaraan. tergantung jenis kendaraan, tahun pembuatan, operasional sebagai apa, harga untuk menentukan kemewahannya dsb. nilai nya diambil dari rata2 yang dilakukan melalui sebuah survey resmi. kalau perlu di lipat tigakan agar ada subsidi silang dan biar pemiliknya kapok punya mobil atau motor banyak banyak.

adapun perbaikan sarana transportasi akan terjadi dengan sendirinya kalau memang menguntungkan. bus akan baik jalannya kalau tidak macet jalanannya. mereka juga akan bersaing memperbaiki fasilitas dan pelayanannya kalau menguntungkan. ingat aja proses persaingan pasar bebas...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline