Lihat ke Halaman Asli

Zulkifli amzm

Mahasiswa

Pengabdian Relawan Cerdas NTB: Membangaun dalam Mencerdaskan Peradaban Masyarakat yang Berkualitas

Diperbarui: 20 Desember 2023   22:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pengabdian RC NTB bersama pemuda dan anak-anak Gili Belek/Dokpri

Mahasiswa yang tergabung dalam komunitas Relawan Cerdas Nusa Tenggara Barat melakukan pengabdian pada Sabtu, 29 Juli sampai dengan Senin 7 Agustus 2023 yang berlokasi di Dusun Gili Belek Desa Pare Mas Kabupaten Lombok Timur. Dusun Gili Belek merupakan pulau terpencil yang cukup jauh dari daratan pulau Lombok dilihat dari sulitnya akses untuk menuju ke dusun gili belek. Akses yang sulit menjadikan dusun tersebut sangat jarang dilirik oleh Relawan ataupun Mahasiswa yang melakukan KKN. Lokasi pengabdian yang sulit tidak menyurutkan semangat dari para anggota Relawan Cerdas untuk melakukan pengabdian dan bisa membawa manfaat bagi warga dusun Gili belek.

Salman selaku ketua panitia Pengabdian RC NTB ke 2 menjelaskan, pengabdian ke 2 ini difokuskan pada bidang Pendidikan, Keagamaan, dan Sosial masyarakat. Adapun program yang dilakukan di bidang pendidikan diantaranya ; ikut berkontribusi dalam proses mengajar disekolah SD dan SMP, dan berkontribusi mengajarkan anak-anak Mengaji. 

Kemudian dalam bidang social masyarakat dilakukan program edukasi pada masyarakat tentang penghijauan dan pemanfaatan sampah menjadi suatu barang yang bernilai, kemudian dilakukan juga program cek Kesehatan masyarakat dan mengadakan lomba azan, dan hafalan al-quran untuk meningkatkan kepercayaan diri kepada anak-anak. Dalam pengabdian RC NTB ini juga dilakukan pembuatan taman boga yang dibuat dari pengumpulan tanaman serta barang bekas yang dimanfaatkan untuk mempercantik lingkungan sekolah. Selain itu juga ada program pojok Baca yang dilakukan setiap sore selama pengabdian dengan metode belajar sambal bermain.

Jumandarsyah selaku ketua departemen Humas RC NTB menjelaskan, pengabdian kedua ini alhamdulillah kita mendapat support dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB yang memberikan 75 bibit pohon Alpukat, dan 75 bibit pohon joet. Jumandarsyah juga menjelaskan bahwa belum mendapatkan support dari dinas-dinas terkait dikarenakan waktu pelaksanaan pengabdian yang semakin mepet.

Yusril selaku ketua umum RC NTB mengatakan dirinya berharap, semoga dengan dilakukannya pengabdian RC NTB di Dusun Gili Belek ini bisa memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat, dan bisa membantu pengembangan dan pemberdayaan Sumber daya manusia dan sumberdaya alam di pulau terpencil yang jauh dari perhatian pemerintah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline