Lihat ke Halaman Asli

zulkifli iqbalyakin

Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Airlangga

Pengaruh IoT (Internet of Things) Pada Dunia Industri

Diperbarui: 1 Mei 2024   21:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://pin.it/Th9esIH2g (ilustrasi foto IoT dalam dunia industri)

Pada era digital saat ini, Internet of Things (IoT) telah menjadi sebuah teknologi yang memainkan peran kunci dalam transformasi industri. IoT mengacu pada jaringan perangkat fisik yang terhubung melalui internet, memungkinkan pertukaran data dan kontrol otomatis antara perangkat. Di dalam dunia industri, implementasi IoT telah menghadirkan sejumlah perubahan signifikan dalam cara perusahaan beroperasi dan berinovasi.

Selain itu, IoT juga memainkan peran penting dalam manajemen rantai pasokan. Perusahaan dapat melacak lokasi dan status inventaris secara akurat, memperbaiki proses pengiriman dan pengelolaan persediaan, serta mengoptimalkan distribusi produk. Hal ini membantu mengurangi biaya operasional dan meningkatkan responsifitas terhadap permintaan pasar. Untuk penjelasan lengkap nya,Simak penjelasan berikut!

Iot dalam dunia industry

Teknologi pada masa kini memainkan peran penting pada dunia industry dalam meningkatkan efisiensi, produktivitas, serta dapat menghemat biaya. Penggunaan Internet of Things (IoT) menjadi Solusi utama dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam sebuah perusahaan. Salah satu contoh penerapan IoT dalam perushaan adalah dapat mensortir barang secara cepat dan otomatis.

Selain itu, IoT juga digunakaan untuk meningkatkan keamanan dalam dunia industry, seperti memonitoring dan memelihara mesin. Sensor yang terhubung dengan iot dapat mengetahui Kesehatan pada mesin secara real-time, juga dapat memberikan peringatan apabila dalam keadaan darurat.

Penerapan iot juga membantu dalam meningkatkan efisiensi menejemen rantai pasokan. Sensor yang dipasang dapat memberi tahu aliran barang dari pemasok hingga konsumen akhir. Selain itu,data yang dikumpulkan dapat memudahkan pelacakan posisi dan kondisi barang.

Tidak hanya itu iot juga membantu dalam memantau kondisi lingkungan kerja,seperti suhu, kelembapan, dan Tingkat gas berbahaya. Dengan teknologi iot juga dapat membantu perencanaan produksi, mengoptimalkan persediaan, dan dapat meningkatkan responsibilitas terhadap kebutuhan pasar.

Dengan otomatisasi yang dibawa oleh teknologin iot,Perusahaan tidak hanya dapat meningkatkan produktivitas, tetapi juga meningkatkan efisiensi, responsibilitas terhadap kebutuhan pasar.

Tantangan implementasi iot dalam dunia industry

Salah satu tantangan dalam Internet of Things (IoT) yaitu keahlian dan keterampilan teknis. Karena penerapan IoT membutuhkan staf yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik. Tantangan implementasi lainnya seperti keamanan dan privasi. IoT mengumpulkan dan berbagi data sensitif, termasuk data pribadi pengguna yang sangat rentan dengan serangan cyber.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline