Lihat ke Halaman Asli

Zulkarnaini

Instruktur HMI Nagan Raya/Desainer

Sejarah Perjuangan HMI

Diperbarui: 9 Juni 2023   14:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

PENGANTAR ILMU SEJARAH

A.Pengertian

Sejarah adalah suatu kebetulan terjadi dimasa yang telah lalu dan benar-benar terjadi, dan tercatat dalam buku-buku maupun tulisan-tulisan. Mengenai kebenaran sejarah didukung bukti-bukti yang membenarkan peristiwa itu benar-benar terjadi. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, ilmu sejarah adalah suatu pengetahuan atau uraian mengenai peristiwa-peristiwa dan kajian-kajian yang benar-benar terjadi di masa lampau, dari pengertian atau definisi di atas maka dapatlah dibedakan antara sejarah dan ilmu sejarah, sejarah ialah kajian atau peristiwanya, sedangkan ilmu sejarah adalah ilmu yang mempelajari kejadian atau peristiwa tersebut.

B.Manfaat dan kegunaan mempelajari ilmu sejarah  

Manfaat dan kegunaan yang dapat diambil dari kejadian yang telah lampau adalah pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada saat itu, dan dengan mempelajarinya maka dapat mengambil hikmah atau pelajaran dari peristiwa tersebut, dan dari pengetahuan sejarah dapat meningkatkan kehati-hatian dalam mengambil keputusan pada masa saat ini dengan mempertimbangkan prinsip nilai yang terjadi di masa lalu, karena pada dasarnya peristiwa masa lalu linear dengan masa saat ini dan yang akan datang.

MISI KELAHIRAN ISLAM

A.Masyarakat Arab pra Islam

Sebelum masuknya Islam ke dalam masyarakat Arab mereka disebut masyarakat jahiliyah, karena mereka hidup dengan keterbelakangan budaya, krisis moral sosil maupun peradaban. Hal demikian yang membuat orang-orang men-justice bahwa masyarakat Arab pra Islam memang begitu jahiliyah, dengan kebiasaan menyembah berhala, kemudian mengubur anak perempuan mereka hidup-hidup karena anggapan mereka bahwa anak perempuan adalah pembawa sial, dan merugikan keluarganya saja, terlebih lagi perbudakan pada zaman itu sungguh tidak ber-prikemanusiaan, yang mana budak perempuan diperlakukan sebagai benda bergerak yang menyenangkan untuk di pakai dan terus di buang, dan yang lelaki diperas keringatnya tanpa ada imbalan sedikitpun. Akan tetapi ada sebagian yang menjadi kebanggaan masyarakat Arab pada saat itu yaitu syair-syair puisi yang memang diakui pada saat itu, syair mana yang dapat mengalahkan syair-syair orang Arab pada masa itu. Selain itu masyarakat Arab pra Islam hidup dalam perpecahan klan (keluarga besar)¬, karenayang menjadi kebanggaan mereka adalah tingginya egoisme kekuasaan (kabilah), tidak adanya alteristik antara sesama umat manusia, dan saling memamerkan hartanya kepada orang-orang disekelilingnya. Hal ini yang menyebabkan berperangnya klan-klan yang ada di masyarakat Arab, sehingga dimata negara-negara lainpun bangsa Arab adalah bangsa yang lemah dan mudah terpecah belah.

B.Periode Kenabian Muhammad SAW

*Fase Makkah

Muhammad lahir di Makkah pada masa keadaan masyarakat yang disintegrasi bangsa (bisa dikatakan buruk pada masa kini). Muhammad lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun gajah, bertepatan dengan tanggal 20 April 571 M. Muhammad adalah putra tunggal dari pasangan Abdullah dan Aminah yang mana ketika lahirpun beliau sudah menjadi yatim. Sejak kecil Muhammad memiliki sifat yang terpuji sehingga kemudian ia dijuluki “Al-amin” atau orang yang dipercaya. Pada usia yang ke-25 Muhammad menikah dengan seorang janda kaya yang bernama tante Khadijah. Dalam masa pernikahannya ini Muhammad sering melakukan kontempasi atau menyendiri di luar Makkah, tepatnya di sebuah gua yang bernama Hira. Entah apa yang di pikirkannya yang pastinya saat itu Muhammad mengalami kejumhudan tingkat tinggi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline