Lihat ke Halaman Asli

Zulhijri

Mahasiswa

Belajar Asik melalui Aplikasi Quizizz di SMPN 23 Mataram

Diperbarui: 4 Juli 2024   02:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana Pembelajaran dalam kelas pada saat penerapan media  ( sumber : dokumen pribadi)

Program "Belajar Asik dan Menyenangkan Melalui Aplikasi Quizizz" di SMPN 23 Mataram merupakan inisiatif inovatif dari mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 yang bertujuan untuk mengubah metode pembelajaran konvensional menjadi lebih interaktif dan menarik. Dengan menyasar siswa kelas 7 dan 8, program ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran melalui penggunaan aplikasi Quizizz, sebuah platform pembelajaran berbasis kuis yang menawarkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mendalam.

1.Mengenal Aplikasi Quizizz

Quizizz adalah sebuah aplikasi pembelajaran yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengikuti kuis interaktif. Platform ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung pembelajaran, seperti leaderboard yang menampilkan peringkat siswa, timer yang menambah elemen kompetitif, dan umpan balik langsung yang membantu siswa memahami materi secara lebih efektif. Fitur utama lain yang dimanfaatkan dalam program ini adalah Paper Mode, yang memungkinkan kuis disajikan dalam bentuk kertas bagi siswa yang tidak memiliki akses ke perangkat digital, sehingga memastikan inklusivitas dalam proses belajar.

2.Implementasi Program di SMPN 23 Mataram

Program ini dilaksanakan dengan pendekatan langsung di dalam kelas oleh mahasiswa Kampus Mengajar. Setiap minggu, mahasiswa menyiapkan kuis interaktif untuk berbagai mata pelajaran seperti Matematika, IPA, IPS, dan Bahasa Inggris. Dengan langsung memimpin pelaksanaan kuis di dalam kelas, mahasiswa memastikan bahwa setiap siswa dapat berpartisipasi secara aktif dan mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan Quizizz. Proses ini dimulai dengan pemberian materi oleh guru, diikuti dengan pelaksanaan kuis menggunakan Quizizz untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan.

Tampilan aplikasi di android (sumber :  screen layar android mahasiswa)

3.Pelaksanaan dan Manfaat Program

Mahasiswa Kampus Mengajar langsung mengintegrasikan Quizizz ke dalam proses pembelajaran sehari-hari. Setiap siswa mengikuti kuis sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan pada hari tersebut. Fitur-fitur interaktif seperti leaderboard dan timer membuat siswa semakin tertarik dan terlibat dalam pembelajaran. Dengan suasana kompetitif yang sehat, siswa terdorong untuk berusaha lebih keras dalam belajar.

Fitur Paper Mode memungkinkan kuis disajikan dalam bentuk kertas bagi siswa yang tidak memiliki akses ke perangkat digital. Dengan fitur ini, semua siswa dapat mengikuti kuis dengan cara yang sama, baik secara digital maupun melalui kertas, sehingga memastikan tidak ada siswa yang tertinggal hanya karena keterbatasan teknologi. Ini juga membantu mengatasi tantangan aksesibilitas, terutama di daerah dengan keterbatasan infrastruktur teknologi.

Setelah kuis selesai, siswa mendapatkan umpan balik langsung tentang jawaban mereka. Hal ini membantu siswa untuk memahami kesalahan dan memperbaikinya dengan segera. Guru dan mahasiswa menggunakan hasil kuis untuk mengevaluasi pemahaman siswa dan mengidentifikasi area yang memerlukan perhatian lebih. Dengan umpan balik yang cepat, siswa dapat segera mengetahui area yang perlu mereka perbaiki, yang membantu meningkatkan efektivitas belajar mereka.

Program ini membawa banyak manfaat bagi siswa dan guru di SMPN 23 Mataram. Penggunaan aplikasi Quizizz membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan kompetitif, sehingga meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Siswa menjadi lebih aktif dan termotivasi untuk berpartisipasi dalam kelas, karena mereka dapat melihat kemajuan mereka secara langsung melalui leaderboard. Umpan balik langsung dari kuis membantu siswa memahami kesalahan mereka dan memperbaikinya dengan cepat. Selain itu, penggunaan aplikasi digital ini membantu siswa mengembangkan keterampilan teknologi yang penting di era modern. Keterampilan seperti penggunaan perangkat lunak, manajemen waktu melalui fitur timer, dan kompetisi sehat melalui leaderboard, semuanya merupakan aspek penting yang dikembangkan melalui program ini.

Meskipun program ini memberikan banyak manfaat, tantangan juga muncul, terutama terkait dengan ketersediaan perangkat dan akses internet. Di beberapa daerah, akses internet yang stabil dan ketersediaan perangkat digital masih menjadi masalah. Untuk mengatasi masalah ini, sekolah bekerja sama dengan mahasiswa Kampus Mengajar untuk menyediakan perangkat yang diperlukan dan memastikan akses internet yang memadai selama sesi pembelajaran. Fitur Paper Mode juga membantu mengatasi kendala teknologi dengan memberikan alternatif pembelajaran berbasis kertas. Ini memastikan bahwa semua siswa, terlepas dari latar belakang mereka, dapat berpartisipasi dan mendapatkan manfaat yang sama dari program ini.

Suasana Pembelajaran didalam kelas ( sumber: dokumen pribadi)

Program "Belajar Asik dan Menyenangkan Melalui Aplikasi Quizizz" di SMPN 23 Mataram adalah contoh nyata bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Melalui kolaborasi antara mahasiswa Kampus Mengajar dan guru-guru, program ini berhasil menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, menyenangkan, dan efektif bagi siswa kelas 7 dan 8. Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan dengan keterampilan teknologi yang mumpuni. Keberhasilan program ini diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak sekolah untuk mengadopsi metode serupa, sehingga pendidikan di Indonesia dapat terus berkembang dan bersaing di era digital. Mari kita dukung dan kembangkan lebih banyak inovasi dalam dunia pendidikan demi masa depan yang lebih cerah bagi generasi mendatang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline