Lihat ke Halaman Asli

Kapuas Tayan Bridge/ Jembatan Kapuas Tayan

Diperbarui: 13 Januari 2016   15:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kapuas Tayan Bridge/ Jembatan Kapuas Tayan adalah sebuah jembatan yang akan melintang di atas Sungai Kapuas, Kabupaten Sanggau, provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Jembatan ini akan menjadi bagian dari Jalan Trans Kalimantan poros selatan yang menghubungkan Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah.Jika proyek tersebut selesai, jembatan itu menjadi yang terpanjang di Kalimantan dan nomor dua di Indonesia setelah Suramadu di Jawa Timur.Saat ini, penyeberangan kendaraan antara Tayan menuju Piasak dan sebaliknya, dilayani oleh dua kapal feri berukuran kecil yang dioperasikan oleh PT ASDP.

Kapuas Tayan Bridge/ Jembatan Kapuas Tayan menjadi tempat favorit bagi masyarakat Kalimantan Barat  khususnya. Setiap harinya jembatan ini selalu ramai di kunjungi. Ada pengunjung yang hanya sekedar melihat daerah di sekitar jembatan hingga remaja yang berlomba-lomba mengabadikan untuk selfie di jembatan ini. Jembatan yang diperkirakan akan di resmikan oleh Presiden Indonesia Jokowi pada tanggal 19 Januari 2016 ini, menjadikannya sebagai salah satu icon Kalimantan Barat.

Jembatan ini memiliki panjang keseluruhan mencapai 1.440 meter. Sementara lebar jembatan adalah tiga jalur kendaraan atau sekitar 11 meter. Tinggi jembatan dari muka air Sungai Kapuas saat banjir tertinggi 13 meter.Konstruksi jembatan tersebut terbagi dalam dua bentangan yang menghubungkan Kota Tayan dengan Desa Piasak. Bentangan pertama jembatan dari arah Kota Tayan menuju Pulau Tayan. Sedangkan bentangan kedua adalah jembatan dari arah Pulau Tayan menuju Desa Piasak.Bentangan pertama yang menghubungkan Kota Tayan dengan Pulau Tayan memiliki panjang sekitar 300 meter. Sedangkan bentangan kedua yang menghubungkan Pulau Tayan dengan Piasak memiliki panjang sekitar 1.140 meter.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline