Lihat ke Halaman Asli

Studi Kasus

Diperbarui: 30 November 2023   22:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LAPORAN STUDY KASUS

 

 "Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran Materi IPA kelas X OTKP Smks Nusantara Rantau Rasau"

Diajukan untuk memenuhi komponen uji tertulis mahasiswa PPG Daljab 2023

Disusun oleh :

NAMA           : ZUL HABSAH, S.Pd

NIM                : 2303060047

NO. UKG       : 201507924700

KELAS          :  BIOLOGI. C

INSTANTSI  : SMKS NUSANTARA RANTAU RASAU

  • Deskripsi studi kasus

Saat saya melaksanakan kegiatan pembelajaran disekolah, ada beberapa kasus yang saya alami terkait dengan kegiatan belajar siswa. Kasus-kasus yang terjadi yaitu yang pertama siswa hanya diam saat guru menjelaskan didepan, diamnya siswa tersebut bukan karena memperhatikan pelajaran, tetapi mereka tidak respon dengan kegiatan pembelajaran tersebut. Hal tersebut terlihat saat guru memberikan pertanyaan secara lisan dan siswa tersebut tidak mampu menjawabnya. Kasus yang kedua adalah ada beberapa siswa yang cenderung mencuri-curi kesempatan untuk memainkan ponselnya,. Kasus ketiga minat belajar siswa sangat rendah yaitu terbukti Ketika guru memberi tugas dirumah(PR) yang terbukti beberapa siswa tidak mengumpulkan tugas saat ditagih guru dengan alasan lupa, kasus yang keempat yaitu literasi rendah sehingga disaat guru menyajikan materi berupa bacaan siswa tampak begitu bermalas-malasan membaca dan mencermati bacaan serta Ketika mengerjakan tugas selalu mengandalkan aplikasi google, enggan untuk menjawab dengan kemampuan penalaran.

  • Analisis situasi

Situasi yang terjadi selama kegiatan pembelajaran ini yaitu kurangnya pendekatan terhadap karakter siswa, sehingga guru tidak memahami bagaimana gaya belajar yang disukai siswa agar siswa menjadi aktif. Guru kurang memperhatikan model pembelajaran yang sesuai dengan materi, dan masih menggunakan metode konvensional.

Untuk mengatasi rendahnya minat dan motivasi belajar siswa saya mencoba memilih menggunakan model dan metode belajar yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Konsep pembelajaran inovatif tentunya memiliki banyak model strategi yang digunakan, hal ini saya menyadari perlunya dalam memilih model pembelajaran yang tepat digunakan dalam meningkatkan keaktifan siswa. karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa merupakan tanggung jawab seorang guru untuk memperbaiki setiap proses kegiatan pembelajaran. kurangny kreatifitas guru dalam mengajar untuk menentukan model, metode, media pembelajaran, bahan ajar , LKPD dan evaluasi juga merupakan permasalahan yang perlu ditindak lanjuti guna meningkatkan keberhasilan tujuan pembelajaran.

Praktik baik ini penting untuk dibagikan  karena masih banyak guru yang mengalami  masalah yang sama seperti yang saya alami, sehingga saya mengharapkan praktik ini bisa memotivasi saya dan guru-guru dalam menerapkan pembelajaran yang yang lebih kreatif dan inovatif sehingga dapat meningkatkan peran aktif siswa pada kegiatan pembelajaran. Saat peran aktif siswa pada kegiatan pembelajaran dapat dijadikan pengalaman langsung oleh siswa dan dapat menerapkan ilmu yang didapat pada kehidupan sehari-hari.

  • Alternatif solusi
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline