Lihat ke Halaman Asli

Zulfikar Muhammad Nugroho

Teacher | Musician | Composer

SMP-SMA Prima YPPSB Meriahkan Parade Warisan Nusantara 2023

Diperbarui: 13 September 2023   12:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SMP & SMA YPPSB

Adat Kalimantan

60 putra-putri SMP dan SMA Prima YPPSB turut ambil bagian dalam Parade Warisan Nusantara yang diselenggarakan PT. Kaltim Prima Coal (Sabtu, 9 September 2023) di Swarga Bara, Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur.

SMP YPPSB

Parade Warisan Nusantara merupakan event kompetisi bagian dari rangkaian peringatan HUT KE-78 RI di lingkup PT. Kaltim Prima Coal yang dikemas dalam bentuk karnaval budaya. Event ini diikuti  11 divisi. Setiap divisi berlomba untuk jadi yang terbaik. Tak khayal semua divisi nampak sangat totalitas dalam menyiapkan dan menampilkan kreatifitas mereka dalam aspek kostum, properti hingga atraksi (performance).

SMA Prima YPPSB

Meskipun berperan sebagai 'partisipan' tak pelak membuat tim dari SMP dan SMA Prima YPPSB tampil apa adanya. Antusias akan event ini mereka tunjukan dengan menghadirkan berbagai properti dan kostum dari berbagai daerah di Indonesia, meliputi Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Selain itu, YPPSB juga menghadirkan 'ikon' Patih Gadjah Mada - Tribhuana Tunggadewi untuk menguatkan kesan Kenusantaraan yang lebih kental pada tim. 

Event ini menjadi ruang sosial budaya yang tidak hanya bernilai entertainment, melainkan turut menjadi sarana edukasi bagi masyarakat, khususnya putra-putri SMP-SMA Prima YPPSB tentang konsep keberagaman. Keragaman inilah cikal bakal semboyan Bhineka Tunggal Ika, yang berarti meskipun berbeda-beda namun tetap satu jua. Walaupun terdapat berbagai macam suku, budaya, agama, dan golongan, namun Indonesia tetap bersatu sebagai satu kesatuan. Semboyan tersebut menegaskan bahwa keberagaman yang ada di Indonesia merupakan sebuah kekayaan dan keindahan yang unik, yang tidak dimiliki oleh negara lain dan patut untuk kita lestarikan eksistensinya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline