Lihat ke Halaman Asli

Zulfikar Busmark Assegaf

Belajar berfikir melalui tulisan

Milenial dan Gen Z, Kuasai 5 Soft Skill Ini Biar Kamu Jadi Wirausahawan Sukses!

Diperbarui: 24 Maret 2022   00:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image By Dreamstime

Mungkin kamu adalah salah satu dari sekian banyak Milenial dan Gen Z yang ingin merintis jalan untuk menjadi wirausahawan. Mengutip dari hasil penelitian Smeru Research Institute, sebanyak 73% pemuda di Indonesia ingin menjadi wirausahawan dan memiliki usahanya sendiri. 

Ada beberapa alasan kenapa milenial dan gen z memilih untuk berwirausaha, ketatnya persaingan dunia kerja, mengubah nasib dan meyakini bahwa mereka akan lebih sukses dalam menyalurkan passion dan potensi untuk mendapat penghasilan yang besar melalui wirausaha.

Menjadi wirausaha berarti menjadi orang yang mampu untuk mengelola sumberdaya secara efektif dan efisien, mengidentifikasi peluang, dan berani menanggung resiko dalam menciptakan inovasi dalam kegiatan wirausaha. 

Menjadi seorang wirausahawan tidak semerta -- merta hanya tentang aspek modal saja walaupun modal menjadi bagian paling krusial dalam menjalankan usaha, oleh karena itu seorang wirausahawan perlu membekali diri dengan softskill tertentu yang bertujuan agar ia mampu membawa kesuksesan dalam usahanya, nah apa saja softskill yang harus dimiliki oleh wirausahawan ? simak point -- point berikut

1. Berfikir Strategis         

Dalam setiap proses usahanya, seorang wirausah perlu memikirkan dan menyusun beberapa strategi sebelum memulai usahanya, seperti siapa yang akan menjadi target market dalam usaha yang dijalankan, dimana lokasi yang sesuai dengan target yang sudah dipilih, kemudian bagaimana cara memasarkan produk yang akan dijual, atau ketika seorang wirausahawan dipaksa untuk menghadapi problem persaingan dengan kompetitor lain, maka, diperlukan skill berfikir strategis sehingga wirausahawan mampu keluar dari permasalahan yang dihadapi dalam bisnisnya.

2. Komunikasi

Dalam suatu usaha, komunikasi merupakan bagian penting bagi seorang wirausaha,pada prinsipnya, tujuan dari komunikasi dalam wirausaha adalah menyampaikan pesan, gagasan, secara efektif, selain itu komunikasi juga bertujuan untuk menghindari miss komunikasi antara wirausahawan dengan pelanggan atau karyawan yang akan menimbulkan masalah -- masalah dalam usaha yang dijalankan. 

Misalkan dalam pemasaran produk, seorang wirausaha tentu perlu memiliki cara komunikasi yang baik kepada pelanggan, tujuannya adalah menjelaskan keunggulan atau fitur produk yang dijual.

3. Leadership

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline