Lihat ke Halaman Asli

Zulfikar Busmark Assegaf

Belajar berfikir melalui tulisan

Tips Jualan di Shopee bagi Seller Pemula

Diperbarui: 22 Maret 2022   20:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Image By Dreamtime"

 Era digital ditambah adanya pandemi Covid-19 telah merubah perliaku konsumen dari kecenderungan untuk belanja secara langsung kini perlahan bergeser menjadi belanja melalui platform e-commerce, hal tersebut membuat banyak pelaku usaha offline kemudian mencoba peruntungannya dengan berjualan secara online memanfaatkan platform e-commerce. 

Salah satu platform yang banyak digunakan oleh para seller adalah Shopee, platform e-commerce dengan logo berwarna orange ini merupakan salah satu e-commerce populer di Indonesia, di media sosial instagram, Shopee memiliki total 8,4 juta followers. Hal tersebut tentu menjadi potensi besar bagi calon pedagang untuk meraih banyak keuntungan dengan memasang produknya di e-commerce tersebut.

Pada praktiknya, berjualan online memang susah – susah gampang dan membutuhkan strategi agar jualanmu semakin laris dan mencapai omzet puluhan bahkan jutaan rupiah, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tokomu semakin laris.

1. Branding toko

Ketatnya persaingan jualan di Shopee tentu menuntut seller untuk membangun identitas dan  karakter toko yang mengesankan bagi calon konsumen, memberi nama unik yang mudah dihafal, membuat logo yang menggambarkan karakter toko tentu akan membuat sebuah toko menjadi unique selling point bagi toko dan lebih mudah untuk menarik konsumen.

2. Berikan Harga Kompetitif

umumnya konsumen akan melihat harga produk kamu terlebih dahulu, jika calon konsumen merasa ‘klik’ dengan harga, maka barulah ia akan melanjutkan dengan melihat detail dan deskripsi produk yang kamu pasang, maka dari itu harga menjadi aspek penting dalam pengambilan keputusan konsumen, memasang produk yang terlalu mahal jelas akan membuat konsumen mencari alternatif harga yang lebih murah, jika memang kamu bukan produsen utama atau jika kamu adalah reseller, maka coba pasang harga murah atau harga tengah, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah.

3. daftarkan gratis ongkir dan promo shopee

Salah satu fitur yang paling disukai kebanyakan konsumen adalah fitur gratis ongkir, karena dengan menggunakan fitur gratis ongkir sama saja menghemat total belanjaan dari konsumen, dengan bergabung pada fitur gratis ongkir, seller akan mendapat keuntungan yakni kesempatan mendapatkan exposure atau rekomendasi pada laman gratis ongkir shopee.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline