Bagi pecinta vespa tua atau vespa klasik , tentu sudah memaklumi trouble-trouble yang sering di alami si motor antic ini. Vespa klasik memang tidak bisa dihindarkan dari trouble yang mungkin bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. Tentu saja Kesehatan mesin menjadi aspek yang penting bagi para pengguna vespa klasik. Tak jarang para sekuteris rela merogoh kocek besar untuk memperbaiki kendala pada mesin vespa ini. Tak hanya itu , para pengguna vespa pasti juga ingin memiliki vespa yang keren dan modis , biasanya para sekuteris sering merestorasi atau haya sekedar memodif beberapa part pada motor ini. Meskipun begitu , masih banyak pengguna vespa yang memilih tampil natural dengan kondisi vespa yang memang dibiarkan menua Bersama sejarah-sejarahnya tanpa melakukan restorasi atau repaint. Apapun selera pengguna vespa , tetap saja setidaknya akan berurusan dengan mekanik. Mekanik yang handal tentu menjadi idaman para sekuteris untuk memasrahkan vespanya.
Dilihat dari banyaknya komunitas vespa klasik dikota Jogjakarta , kota ini menjadi salah satu kota dengan pengguna vespa klasik yang ramai. Tentu dengan banyaknya sekuteris juga menjadikan kota ini tidak sepi oleh bengkel vespa klasik. Bengkel vespa dikota ini tersebar di hampir setiap sudut sudut kota. Salah satunya adalah bengkel vespa milik pak tomo. Bengkel ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luas , karena letaknya sendiri yang terbilang sulit ditemukan. Bengkel pak tomo ini memang terletak di dalam lingkungan yang padat penduduk , bahkan mobilpun hanya bisa sampai hingga didepan gang. bengkel ini juga tidak memiliki lahan yang begitu luas, bahkan bengkel ini hanya memiliki satu mekanik , yaitu pak tomo sendiri.meskipun bengkel ini tidak semegah dan seterkenal bengkel-bengkel lain , tapi bengkel ini jarang sepi dan hampir setiap hari membuat antrean panjang. Pelanggan yang puas dengan hasil tangan pak tomo menjadi alasanya.salah satu alasan lain adalah murahnya ongkos service di bengkel ini.
Pak tomo hanya merogoh kocek mulai dari Rp 5000 ,- hingga Rp. 25.000,- untuk segala service ringan , jelas dengan harga semurah itu menjadikan bengkel ini sangat dicintai oleh langgananya.
Para pelanggan yang datang biasanya akan langsung menjadikan bengkel pak tomo sebagai tujuan service berikutnya.tanggan dingin pak tomo memang seolah menjadi seperti penyulap. Beliau juga tentu kenyang dengan pengalaman memperbaiki vespa dengan segala kondisinya.dan salah satu fakta unik dari pak tomo sendiri adalah bahwa pak tomo tidak mempunyai vespa. Tentu hali ini terasa aneh karena di satu sisi pak tomo berprofesi sebagai mekanik vespa klasik. Om tomo , sapaan hangatnya ,mengaku bahwa untuk sekarang dirinya masih tidak mempunyai vespa klasik. Sayangnya beliau tidak membeberkan alasanya mengapa tidak mempunyai vespa.
Bengkel pak tomo berlokasi dikricak , kec. Tegalrejo, kota Yogyakarta. Bengkel ini seringkali disebut sebagai bengkel yang "nyelempit" atau dalam Bahasa indonseia berarti terjepit. Untuk patokan tepatnya bengkel ini berada di belakang hotel axton. Memang butuh sedikit usaha untuk menemukan lokasi bengkel ini. Walaupun begitu , para pelanggan yang merasa berterimakasih pada pak tomo mulai mempromosikan bengkel ini. Sedikit demi sedikit bengkel ini sudah mulai di kenal oleh masyarakat umum. Bahkan sekarang di google map pun sudah tertera lokasinya , walaupun sedikit tidak akurat. Jika anda ingin berkunjung di bengkel ini usahakan bertanya pada warga setempat jika tersesat. Warga -warga dilingkungan ini sangat ramah dan tentu akan memandu anda untuk menemukan lokasi bengkel ini.
Para customer disini mulai dari berbagai kalangan , dari anak muda yang sedang ingin trendi hingga para senior vespa. Pak tomo juga terkenal akrab kepada customernya . mungkin beliau ingin dekat agar dapat berdiskusi tentang masalah vespa yang akan dia garap. Pak tomo juga membuka jasa restorasi atau membangun ulang motor vespa klasik ini supaya terlihat seperti baru lagi. Tren ini juga sedang marak di lingkungan para sekuteris muda. Pasalnya vespa yang direstorasi ulang menambah kesan elegan tersendiri.
Jika membahas motor tua , tentu saja selalu berkaitan dengan part-part yang sudah langka . tapi tenang saja , jika anda menyervice vespa disini , dan perlu membutuhkan pembelian part, ada toko onderdil yang biasanya dijadikan rujukan oleh pak tomo. Toko tersebut berlokasi tidak jauh dari bengkel milik pak tomo. Tetapi jika anda membawa part yang akan dipasangkan pada vespa klasik anda tetap boleh saja. Tak jarang para pelanggan membeli part dari tempat lain atau bahkan online , tetapi minta dipasangkan di bengkel pak tomo ini.
Di bengkel ini pula,banyak vespa yang sedang menginap . biasanya pak tomo perlu membutuhkan banyak waktu untuk menggarapnya , sehingga tidak emmungkinkan untuk di bawa pulang . jika nada merasa kurang percaya , pak tomo juga menyediakan nomor WA yang bisa dihubungi. Ini memudahkan untuk berkonsultasi dengan pak tomo. Bengkel ini beroprasi mulai pukul 8 pagi hingga jam 5 sore. Tetapi sangat disarankan untuk dating dipagi hari guna menghindari antrean yang biasanya ramai.antrean ini memang tidak bisa dihindari karena mengingat bengkel pak tomo memang sangat ramai oleh pelanggan setianya. Harapanya bengkel ini dapat berkembang dan terkenal hingga kalangan luas , karena bengkel ini memang memiliki kualitas dan harga yang pas . semoga saja bengkel ini terus maju dan mampu memberikan impact yang baik pada para sekuteris terutama dijogjakarta.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H