Lihat ke Halaman Asli

Zulfikar

Mahasiswa Universitas Pamulang Sastra Indonesia

Pengenalan Materi Meningkatkan Kelestarian Budaya dan Bahasa di SMP PGRI 1 Ciputat

Diperbarui: 18 September 2022   22:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pentingnya mengenalkan nilai-nilai bahasa dan budaya sastra pada siswa-siswi, menarik mahasiswa program studi sastra Indonesia universitas pamulang untuk mengadakan kegiatan PKM yaitu singkatan dari pengabdian kepada masyarakat, yang diadakan di SMP PGRI I CIPUTAT.

Kegiatan ini di latarbelakangi ingin melestarikan bahasa dan budaya yang seakan terabaikan di kalangan masyarakat. Mengingat arus era globalisasi yang tidak terbendung, di era yang modern ini seakan seperti menggerus akan kelesterian bahasa dan budaya yang mustinya kita pertahankan dan kita jaga agar tetap utuh dan berkembang. 

Budaya luar yang lebih populer dengan beesanding trend yang sedang terjadi tentu lebih dapat tempat dihati masyarakat dengan pengaruh yang sangat kuat ketimbang budaya dari negeri sendiri.

Beberapa daerah masih ada yang memiliki perhatian terhadap pemertahanan bahasa dan budaya, dengan membuat sebuah wadah atau komunitas dan juga dukungan dari masayarakat itu sendiri sebagai bentuk perwujudan kecintaan terhadapa bahasa dan budaya tersebut. 

Namun menurut kami itu belum dirasa cukup untuk menguatkan dalam rangka pemertahanan bahasa dan budaya. Berangkat dari latar belakang tersebutlah kami melakukan PKM dengan tema pemertahanan bahasa dan budaya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline