Lihat ke Halaman Asli

Zulfi Ana

Mahasiswa

Gedung Soetedja Purwokerto

Diperbarui: 13 Juni 2023   19:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi Gedung kesenian Soetedja, Rabu 31 Mei 2023

Selasa 13 Juni 2023

Red : Zulfiana Amalia

PURWOKERTO--. Gedung Soetedja merupakan salah satu tempat kesenian dan budaya Banyumas yang terletak di Jalan Pancurawis, Karanganyar, Kelurahan Purwokerto Kidul, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas. Gedung Soetedja diresmikan pada 22 Desember 2017. Meskipun sudah diresmikan sejak lama tetapi banyak yang belum tahu tentang gedung ini dan keberadaannya. Taman Budaya Soetedja dikelola oleh UPT Lokawisata Purwomas. Gedung ini tidak harus digunakan oleh pelaku seni tetapi masyarakat umum juga diperbolehkan. Selain untuk kegiatan kesenian atau kebudayaan bisa juga digunakan untuk kegiatan komersil atau personal. Harga tarif sewa pada gedung ini dihitung perjam dan disesuaikan dengan jenis kegiatan dan area  yang akan disewakan.

Ketika memasuki area Taman Budaya Soetedja ini akan terasa suasana Banyumas karena didepan gedung terdapat tulisan B berwarna biru yang mewakili Better Banyumas. Gedung ini terlihat sangat luas dan asri dengan banyaknya pepohonan dan tanaman pada bagian depan gedungnya. Disamping itu terdapat Pendhapa yang sejuk dan terdapat tulisan aksara Jawa yang artinya Pendhapa Serayu. Selain itu terdapat juga ruang teater indoor dan pada bagian belakang gedung terdapat ruang outdoor yang cukup luas tetapi terlihat tidak terawat karena terdapat banyak coretan gambar yang tidak penting dan juga cat tembok gedung banyak yang mengelupas.

Halaman yang cukup luas pada Gedung Soetedja namun terlihat sangat kurang terawat pada sebelah samping gedung yang terlihat banyak sampah berserakan, rumput panjang serta kolam berwarna hijau. Hal tersebut menjadi pusat perhatian saat mengunjungi ke gedung karena membuat orang tidak nyaman dan terganggu akibat hal yang kotor. Alangkah baiknya Gedung Soetedja lebih menjaga dan merawat kondisi area gedung tersebut agar terlihat bersih dan asri. Jam operasi Gedung Soetedja buka setiap hari mulai pukul 07:00 - 15:30 WIB.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline