Lihat ke Halaman Asli

Zulfia Salsabila

Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

Kampus Mengajar Angkatan 3: Meningkatkan Literasi dan Numerasi

Diperbarui: 8 November 2022   20:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau biasa dikenal dengan MBKM merupakan program yang diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Program MBKM memberikan kesempatan bagi mahasiswa/mahasiswi untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja.

Ada beberapa macam program MBKM salah satunya Program Kampus Mengajar, program ini memberi kesempatan untuk melatih skill mengajar dan untuk membantu sekolah dalam mengembangkan pembelajaran literasi,numerasi dan adaptasi teknologi.

Pada program Kampus Mengajar Angkatan 3 ini penulis mendapat penugasan di SDS Yayasan GKPI Rawamangun Jakarta Timur. 

Sebagai tahap awal penulis dan dua teman satu kelompok melakukan observasi terlebih dahulu dari lingkungan sekolah hingga proses pembelajaran setelah itu hasil dari observasi awal adalah pembelajaran sudah dilaksanakan secara luring, kurangnya penekanan Literasi dan Numerasi, kurangnya pengadaptasian teknologi dan membantu administrasi sekolah.

Program pertama kami yaitu program pertama LiSeli (Literasi Seminggu Sekali) Seminggu sekali selama 10-15 menit siswa membaca buku bacaan sebelum pembelajaran dimulai, program kedua MaSik (Matetika Asyik) siswa bukan hanya diberikan materi saja, akan tetapi diberikan contoh konkret sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan, program ketiga EngFun (English Fun) Asik Berbahasa Inggris siswa diberikan pembelajaran Bahasa Inggris. 

Adapun program adaptasi teknologi ketika pembelajaran menggunakan video youtube untuk media pembelajaran, menggunakan website literasi, numerasi dan games belajar yang diberikan oleh Kemendibuk selama pembekalan dan kami juga membantu mengisi Buku Induk Resgister Peserta Didik melalui website dapodik sekolah.

Adapun kegiatan diluar kelas seperti memperingati Hari Kartini bersama, kepala sekolah beserta warga sekolah meakai pakaian adat atau baik, kegiatan untuk memperingati hari Kartini dengan bernyanyi dan bermain games. 

Selain itu terdapat acara Pensi yang diselenggarakan diakhir pelaksanaan Kampus Mengajar 3, meliputi 4 perwakilan siswa membaca Puisi, seluruh siswa menyanyikan lagu "Laskar Pelangi" dan foto bersama dengan guru-guru dan kepala sekolah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline