Lihat ke Halaman Asli

Zulfi fahreza

Mahasiswa

Peran Teknologi Bagi Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Diperbarui: 5 Juli 2024   20:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Peran kemajuan teknologi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangat berperan penting. Teknologi, sebagai bidang ilmu yang mengembangkan berbagai keterampilan dalam menciptakan alat dan metode pengolahan, telah meresap dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari. Dari komunikasi, pekerjaan, pembelajaran, hingga hiburan, bahkan kebutuhan mendasar seperti makanan dan pakaian, semuanya sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi.

1. Meningkatkan produktivitas 

Dalam konteks ekonomi, teknologi berperan penting dalam peningkatan produktivitas di berbagai sektor, contohnya seperti industri manufaktur dan jasa. Penerapan teknologi canggih, seperti otomatisasi proses produksi, tidak hanya mengurangi biaya dan waktu produksi, tetapi juga meningkatkan output secara signifikan. Selain itu, teknologi telah menciptakan lapangan kerja baru melalui sektor-sektor yang berkembang pesat seperti e-commerce dan konten kreator.

2. Mendorong laju inovasi 

Lebih jauh lagi teknologi mendorong inovasi di berbagai sektor ekonomi. Inovasi ini menghasilkan produk dan layanan baru yang lebih efisien, berkualitas, dan terjangkau, yang pada akhirnya meningkatkan daya saing perusahaan-perusahaan Indonesia di pasar global.

Dengan memanfaatkan teknologi secara bijaksana maka Indonesia dapat mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, penting juga untuk memastikan bahwa teknologi digunakan untuk hal-hal yang positif dan tidak merugikan bagi masyarakat dan lingkungan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline