Lihat ke Halaman Asli

Zulfa Wadlhah

Bimbingan dan Konseling

Efektivitas Kinerja Bimbingan dan Konseling dalam Penggunaan Teknologi Media Online

Diperbarui: 21 Desember 2022   09:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

ABSTRAK                                        

Penggunaan teknologi media online dapat meningkatkan efektifitas kinerja pada bimbingan dan konseling pada sekolah, yang memiliki tujuan agar mengetahui pemanfaatan media BK untuk pelayanan yang diberikan oleh konselor guna mengoptimalkan sarana dan prasana metode belajar mngajar bagi peserta didik. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif sesuai dengan analisis data yang sudah dilakukan.juga guna melihat perkembangan potensi para peserta didik dan membantu memecahkan permasalahan yang dialami oleh mereka, dan juga penting adanya kegiatan layanan BK yang terorganisir pada empat bimbingan layanan BK untuk memaksimalkan proses konseling antar konselor dan juga peserta didk

Kata kunci: Bimbingan dan Konseling, Media Online, Teknologi

 

PENDAHULUAN

Perkembangan teknologi pada saat ini sangat pesat. Berbagai inovasi yang dikembangkan guna memudahkan aktivitas diberbagai aspek kehidupan terutama pada aspek pendidikan. Berbagai perubahan untuk kemajuan diperuntukan agar memudahkan proses kegiatan belajar mengajar. Tak terkecuali bimbingan dan konseling, penyediaan media online untuk proses bimbingan. Dengan adanya teknologi informasi proses pelayanan media bimbingan dan konseling semakin berkembang pada saat ini, hal ini berproses guna memaksimalkan proses konseling yang berjalan.

 Perkembangan media teknologi berpengaruh pada proses konseling yang dapat digunakan pada sarana dan prasana belajar mengajar bagi peserta didik. Terutama pengimplementasian pada 4 bidang layanan pada BK yaitu pada layanan, pribadi,sosial, karir, serta belajar. Pemanfaatan ini dapat dilihat dari penyebaran informasi dimedia sosial seperti instagram atau media sosial lainnya. Peserta didik akan jauh lebih tertarik karena layanan yang diberikan dapat diakses dimana pun dan kapan pun.    

Pada era globalisasi, penggunaan teknologi lebih banyak pada remaja, mereka sangat antusias dengan perkembangan teknologi. Dengan hal ini guru BK perlu mengikuti perkembangan teknologi untuk menunjang proses pelaksanaan bimbingan dan konseling. Dengan adanya perkembangan teknologi media yang dahulunya hanya bersifat offline sekarang bisa menggunakan media yang diakses melalui internet tanpa memerdulikan waktu dan tempat.  Dengan adanya media online guru BK tidak perlu untuk menganggarkan biaya terlalu besar atau dapat meminimumkan anggaran biaya yang dapat dialokasikan ke layanan lain.   

HASIL DAN PEMBAHASAN

Bimbingan dan Konseling

Pengertian Bimbingan dan Konseling 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline