Lihat ke Halaman Asli

Gender Bukan Jenis Kelamin

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Apa sih gender itu, kenapa di KTP, KTM, tercantum jenis kelamin bukan gender?

Nah, kebanyakan orang mengartikan gender adalah jenis kelamin seseorang. Padahal, gender adalah perbedaan yang dilihat berdasarkan psikososialnya. Namun, gender juga tak lepas dari jenis kelamin, karena pada hakikatnya gender juga melihat dari sisi jenis kemain seseorang juga, namun perbedaannya kalau gender itu mengarah kepada perbedaan sikap danperilaku seseorang.

Kapan gender mulai berkembang?

Berdasarkan kacamata psikososial, gender mulai berkembang saat anak mulai menampakkna sikap dominannya sesuai jenis kelaminnya, yaitu sekitar umur 3 tahun. Misalkan anak laki-laki suka bermain motor-motoran, dan perempuan suka bermain boneka.

Bagaimana jika keadaan gender melesat dari yang seharusnya?

Jika anak laki-laki suka bermain boneka, dan anak perempuan suka bermain motor-motoran maka ini adalah suatu kesalahan, yang datang dari pola didik orang tua, bisa juga dari pergaulan si anak di sekitarnya. Untuk soslusinya, jika hal ini ditemukan sejak si anak masih dini maka orang tualah yang harus berperan, karena si kecil lebih sering bersama dengan orang tuanya, kedua pergaulannya dengan teman-teman sebayanya, karena teman juga sangat mempengaruhi proses pembentukan gender.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline