Lihat ke Halaman Asli

Hamba Allah

Hamba Allah yang hina

Pengajian Maulidurrasul SAW Mahasiswa KKN-MB 009 IAIN Kudus

Diperbarui: 28 September 2024   20:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PDD KKN-MB 009

Kamis, 26 September 2024

Dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad SAW dan melaksanakan program kerja Moderasi Beragama. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Moderasi Beragama (KKN-MB) Kelompok 009 Institut Agama Islam Negeri Kudus mengadakan "Pengajian Akbar" dengan tema "Merajut Kebersamaan Umat melalui Moderasi Beragama dan Spirit Maulid Nabi". Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 26 September 2024 pukul 19.30. Bertempat di halaman Posko KKN-MB Kelompok 009 Desa Tirem Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan.

Pengajian akbar diikuti oleh seluruh warga Desa Tirem Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan. Beberapa rangkaian acara yang berlangsung pada malam penuh semarak itu diantaranya:  Pembukaan, penyerahan hadiah lomba pidato, pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an yang dibawakan oleh mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Kudus, pembacaan tahlil, sambutan-sambutan, maulidurrasul yang dimeriahkan oleh Majlis Darul Musthofa dari Grobogan, mauidloh hasanah, dan penutup.

Dalam kesempatan sambutan Bapak Kepala Desa Tirem. Yang diwakilkan oleh Bapak Nur Ali selaku Sekretaris Desa Tirem. Beliau menyampaikan terimakasih banyak kepada Mahasiswa KKN-MB Kelompok 009 karena telah mengabdi dan membaur dengan hangat kepada masyarakat Desa Tirem.

PDD KKN-MB 009

Kemudian mauidloh hasanah yang diisi secara langsung oleh Dosen Institut Agama Islam Negeri Kudus yakni beliau Romo Dr. KH. Jaenal Arifin, M.Ag.
Dalam Mauidloh Hasanah beliau menyampaikan beberapa poin penting yaitu: Jangan sampai kita meninggalkan 4 perkara dalam hidup kita.
1. Jangan sampai kita tidak bersyukur (kufur nikmat), karena itu akan mengurangi nikmat kita. Dan jika bersyukur maka Allah akan menambahnya.
2. Jangan lalai dalam mengingat Allah, agar Allah senantiasa mengingat kita.
3. Jangan sampai tidak berdo'a kepada Allah. Karena Allah akan mengabulkan dari do'a-do'a yang kita serukan.
4. Jangan lalai dalam memohon ampun kepada Allah. Karena hal itu akan menghilangkan keselamatan.

Seluruh rangkaian acara berlangsung dengan sangat khidmat. Sembari diguyur rintikan hujan pada saat mahalul qiyam. Yang InsyaAllah menambah keberkahan pada acara pengajian tersebut.

Harapan dari kegiatan ini adalah terciptanya kebersamaan warga Desa Tirem Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan terlebih dalam hal toleransi dan moderasi beragama. Dan diharapkan untuk senantiasa meneladani dan menerapkan siroh-siroh Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari.

PDD KKN-MB 009

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline