Lihat ke Halaman Asli

Zulfa lada Attamami

Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

KKN UIN Walisongo Semarang: Penyemprotan Disinfektan Guna Putus Rantai Penyebaran Covid-19

Diperbarui: 18 Agustus 2021   14:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Brebes, Kompasiana.com (18 / 08) -- Kasus penyebaran COVID-19 semakin marak terjadi, masyarakat yang tidak mempercayai akan adanya kasus tersebut hanya meremehkan protocol kesehatan, padahal dengan mematuhinya bisa terhindar. Penyemprotan Disinfektan dilakukan sekitar lingkungan Desa Bulusari.

Upaya yang selalu dikampayekan adalah memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dengan sabun atau memakai Handsanitizer, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Desinfektan merupakan bagian dari proses dekontaminasi yang merupakan salah satu faktor jaminan sterilisasi.

Salah satu cara untuk mencegah penularan dan penyebarannya adalah dengan senantiasa menjaga kebersihan dari diri dan lingkungan. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan dapat dilakukan dengan cara menggunakan antiseptik dan disinfektan. Antiseptik merupakan zat yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme tanpa harus membunuh mikroorganisme tersebut di jaringan hidup.

Desinfektan mengandung glutaraldehid dan formaldehid. Penggunaan zat-zat tersebut dapat digunakan tidak hanya di rumah sakit, namun di rumah pun akan sering digunakan untuk menghilangkan Virus tersebut.

Meminimalisir Penyebaran COVID-19 dengan cara dimulai dari diri sendiri, tetap patuhi protokol kesehatan yang sudah pemerintah tegaskan. Karena semua perbuatan dimulai dari diri kita sendiri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline