Lihat ke Halaman Asli

Zulfa Himawati

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

My Journey in Mu'allimat Yogyakarta

Diperbarui: 18 Desember 2022   11:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

My journey in  Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabaraktuh

Halo temen-temen,,,

Aku Zulfa Himawati seorang mahasiswi yang suka bergaul, suka bercanda, suka jalan-jalan, gampang tertawa dan gampang sedih juga sih hihi. Aku berkuliah di program studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan sekarang menduduki semester 5. Hmmm berbicara tentang Semester 5,,,Semester yang menurutku berat, karena tugas, organisasi, magang, KKN dan tanggungjawab lainnya yang harus ditempuh. Di semester 5 ini salah satu sks mata kuliah wajib yaitu magang SMP. Nah,,disini I will share you about my experience during magang.

Magang SMP merupakan kegiatan dimana kami ditugaskan untuk mengamati lingkup proses pembelajaran yang terjadi di sekolah, atau magang lanjutan dari magang SD di semester 4 kemarin. Di Magang SD kami hanya ditugaskan mengobservasi secara  umum, dan di magang SMP kami ditugaskan mengamati proses pembelajaran baik dari media, kurikulum dan lain sebagainya yang berhubungan dengan proses pembelajaran disekolah khususnya di mata pelajaran bahasa arab. Proses Magang ini berlangsung dari tanggal 29 September hingga 10 Desember 2022 yang hampir kurang lebih 2 bulan dengan jadwal kunjung tertentu. Saya mendapat kelompok 5 yang beranggotakan 7 orang dibimbing oleh Dr. Fitri Zakiyah, M.Pd. Kami ditempatkan di Madrasah Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta. Dari 7 orang terbagi lagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok dikelas 1 dan dikelas 2 Mts, dan aku kelompok kelas 1.

Saya sangat senang dapat diberi kesempatan yang luar biasa ini, adanya magang saya mendapatkan pengalaman dan memberikan wawasan baru. Berinteraksi dengan guru ,murid yang sangat asik dan menyenangkan, mengenal sekolah lebih yang pastinya akan bermanfaat untuk saya dan teman-teman saya dan menjadi bekal  ketika menjadi seorang guru di kemudian hari. Di Madrasah Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta menggunakan kurikulum yang dinaungi langsung oleh kemenag dan kebanyakan guru menggunakan metode langsung dalam mengajar. Pelajaran yang berharga yang saya dapatkan yaitu saya dapat mengambil banyak pelajaran bagaiamana cara membuat rpp yang baik, dapat mengevaluasi bagaimana cara mengajar dengan baik, memahami gaya belajar murid, amanah ketika mengawasi ujian, dan masih banyak lagi yang lainnya seperti bertanggung jawab penuh atas keberhasilan murid.

Di magang ini menjadi cerita dan kenangan yang indah karena bisa bekerja sama dan menjalin komunikasi yang lebih dekat dengan teman-teman yang luar biasa, guru pamong yang sabar dan selalu menyemangati anak-anaknya dari berbagai rintangan yang kami hadapi. Terima kasih untuk teman-teman magang dan dosen pamong saya yang terkece. We are nothing without you<3.

Tak lupa saya berterima kasih sebesar-besarnya kepada pihak sekolah Madrasah Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta yang telah menerima kami dengan senang hati dan membimbing kami selalu. Saya harap semoga pelajaran dan pengalaman ini bisa bermanfaat untuk diri saya dan teman-teman saya agar bisa menjadi the best teacher dan semoga sekolah menjadi lebih maju dan berkembang unggul dan islami, menjadi sekolah yang bermutu,berkualitas dan mencetak genearsi-generasi yang beradab.

.........

Sekian, Terima Kasih

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline