Lihat ke Halaman Asli

Zulfa Dwi Muflikhah

Mahasiswa Psikologi

Pentingnya Motivasi dalam Pembelajaran Orang Dewasa

Diperbarui: 15 Juni 2023   09:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembelajaran orang dewasa merupakan proses yang kompleks dan menuntut kemandirian serta ketekunan dalam mencapai hasil yang berkelanjutan. Dalam konteks ini, motivasi memainkan peran krusial dalam mendorong kemandirian dan menghasilkan pencapaian yang signifikan. Motivasi yang kuat akan memotivasi individu dewasa untuk mengambil inisiatif dalam belajar, bertahan dalam menghadapi tantangan, dan terus mengembangkan diri mereka.

Motivasi yang tinggi memainkan peran penting dalam mendorong kemandirian dalam pembelajaran orang dewasa. Ketika seseorang memiliki motivasi intrinsik yang kuat, mereka akan merasa terdorong untuk belajar dan mengembangkan pengetahuan mereka dengan inisiatif sendiri. Mereka akan mencari sumber daya yang relevan, seperti buku, artikel, atau kursus online, serta berinteraksi dengan sesama pembelajar untuk memperluas pemahaman mereka. Motivasi yang tinggi juga membantu mereka mempertahankan ketekunan dan konsistensi dalam pembelajaran. Mereka tidak mudah menyerah ketika menghadapi kesulitan, tetapi tetap bersemangat dan terus berusaha mencapai tujuan pembelajaran mereka.

Selain itu, motivasi yang tinggi juga berkontribusi pada hasil yang berkelanjutan dalam pembelajaran orang dewasa. Ketika seseorang memiliki motivasi yang kuat, mereka cenderung lebih fokus dan tekun dalam mencapai tujuan pembelajaran mereka. Mereka memiliki dorongan internal yang memotivasi mereka untuk terus belajar, mengasah keterampilan, dan mengembangkan pemahaman yang mendalam. Dalam jangka panjang, motivasi ini berperan penting dalam menciptakan hasil yang berkelanjutan, baik dalam bentuk peningkatan kompetensi, pencapaian tujuan karir, atau pengembangan diri secara keseluruhan.

Mengapa Motivasi Penting dalam Pembelajaran Orang Dewasa?

Motivasi adalah dorongan internal yang mendorong seseorang untuk mencapai tujuan atau memenuhi kebutuhan. Dalam pembelajaran orang dewasa, motivasi menjadi faktor penentu utama yang memengaruhi kemauan mereka untuk belajar, mempertahankan keterlibatan, dan mencapai hasil yang diinginkan.

Motivasi yang tinggi mendorong kemandirian dalam pembelajaran orang dewasa. Individu yang termotivasi secara intrinsik cenderung mengambil inisiatif dalam mencari pengetahuan baru, mengembangkan keterampilan, dan memperluas pemahaman mereka tanpa bergantung pada arahan dari pihak lain (Deci & Ryan, 2000)

Motivasi yang kuat membantu orang dewasa tetap tekun dalam menghadapi tantangan dan hambatan yang mungkin terjadi dalam pembelajaran. Mereka tidak mudah menyerah, tetapi tetap fokus dan berusaha mencapai tujuan pembelajaran mereka (Duckworth et al., 2007).

Mendorong Kemandirian dalam Pembelajaran

Motivasi yang kuat dapat mendorong kemandirian dalam pembelajaran orang dewasa. Orang dewasa memiliki kebutuhan untuk merasa memiliki kendali atas proses belajar mereka. Dengan adanya motivasi yang tinggi, mereka cenderung mengambil inisiatif sendiri, mengatur waktu, dan mengembangkan strategi belajar yang efektif. Kemandirian ini memberi mereka rasa tanggung jawab atas pembelajaran mereka dan memungkinkan mereka untuk menghadapi tantangan dengan keyakinan.


Mencapai Hasil yang Berkelanjutan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline