Lihat ke Halaman Asli

Zulfa Dwi Muflikhah

Mahasiswa Psikologi

Permainan Edukatif Sebagai Pembelajaran Anak Usia Dini

Diperbarui: 11 April 2023   00:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Permainan edukatif sangat menarik untuk dikembangkan, permainan edukatif memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan metode pengajaran tradisional, salah satu keunggulan yang paling penting dari permainan edukatif adalah visualisasi masalah yang sebenarnya. Berdasarkan model permainan yang telah dipatenkan, pemain harus belajar  memecahkan masalah yang ada. 

Mode permainan, tutorial, dan alat dalam game memandu anak untuk secara aktif mencari informasi sehingga ia dapat memperluas pengetahuan dan strateginya selama permainan berlangsung.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah aplikasi mobile game sebagai sarana pembelajaran alternatif untuk pengenalan simbol, menghitung, mencocokkan gambar dan menyusun kata acak. 

Permainan ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru PAUD untuk mengubah metode pembelajaran tradisional menjadi metode pembelajaran simulasi yang menyenangkan untuk mengembangkan kreativitas anak, karena permainan edukatif mengandung unsur tantangan, ketelitian, penalaran dan etika.

Permainan pembelajaran berbasis simulasi dimaksudkan untuk mensimulasikan permasalahan yang ada untuk mendapatkan inti atau pengetahuan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah. Game simulasi edukasi ini dapat digunakan sebagai alat bantu pendidikan dengan belajar sambil melakukan. 

Menurut permainan, anak harus belajar memecahkan masalah apa yang ada mode game, instruksi, dan alat yang disediakan oleh game akan memandu anak aktif mencari informasi untuk memperkaya pengetahuan dan strategi saat bermain game yang akan dibuat adalah game edukasi pengenalan simbol, menghitung, mencocokkan gambar dan menyusun kata secara acak.

Permainan ini melibatkan pembelajaran bagi anak PAUD, pembelajaran disampaikan melalui permainan yang merupakan salah satu media yang dimainkan pada saat pembelajaran khususnya bagi anak PAUD. Berharap dengan menggunakan permainan sebagai alat pengajaran dapat menjadi sebuah teknologi baru yang akan lebih membawa keceriaan dalam belajar anak-anak.

Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk membuat aplikasi game seluler sebagai lingkungan belajar alternatif untuk mengenali simbol, menghitung, mencocokkan gambar, dan menyusun kata-kata acak. Keunggulan dari penelitian ini adalah dapat membantu guru PAUD mengubah metode pembelajaran tradisional menjadi metode pembelajaran simulasi dengan lingkungan permainan edukatif berbasis handphone, dan membantu siswa PAUD mengembangkan kreativitas anak karena permainan edukatif melibatkan tantangan, ketelitian, penalaran dan etika.

Game edukasi ini dapat membantu guru dan siswa PAUD mengubah metode pembelajaran tradisional menjadi metode pembelajaran menggunakan lingkungan permainan, serta memudahkan siswa PAUD untuk mengenal simbol, menghitung, mencocokkan gambar dan menyusun kata secara acak. objek penelitian bisa dengan cakupan pertanyaan yang diajukan pada umumnya saat pembelajaran melalui lingkungan permainan dapat lebih bervariasi dan skenario dan lingkungan permainan ditentukan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline