Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) menerapkan Tri Dharma perguruan tinggi dengan implementasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai pengabdian pada masyarakat. KKN dapat digunakan mahasiswa untuk belajar dan bekerja pada lingkungan masyarakat, dalam hal ini adalah masyarakat sekolah. Selama pengabdian, mahasiswa juga melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). KKN-PPL Krabi 2024 merupakan kegiatan yang memadukan antara program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
KKN-PPL dilaksanakan di Anuban Jitjongrak School terletak di Khlong Phon, Khlong Thom District, Krabi, Thailand 81170 dengan tema Improving English Skill with Interactive Media for Student of Anuban Jitjongrak School. KKN-PPL dilaksanakan mulai tanggal 5 Febuari 2024 hingga 5 Maret 2024.
Tahap pertama yang dilakukan yaitu observasi. Observasi dilakukan untuk mengamati metode-metode pengajaran hingga kebijakan sekolah. Setelah dilaksanakan observasi, tahap kedua yaitu perencanaan program kerja. Program kerja yang dibuat harus menyesuaikan dengan kebutuhan warga sekolah Anuban Jitjongrak. Kemudian, pada tahap ketiga yaitu pelaksanaan program kerja.
Anuban Jitjongrak merupakan salah satu sekolah yang terletak distcrict Klong Thom, Krabi dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Sekolah ini memiliki sebelas kelas, yaitu Prrepare Kindergarden, Kindergarden 1-3, dan Primary 1-6. Sekolah ini merupakan sekolah swasta, siswa harus membayar sumbangan biaya pendidikan setiap pergantian semester.
Tujuan KKN-PPL Krabi 2024 ini yaitu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa dengan menggunakan media interaktif. KKN-PPL memiliki tiga program, yaitu :
1. Pembiasaan
Kegiatan pembiasaan dilakukan sebelum memulai pembelajaran dan penerapan berbahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari. Kegiatan ini berupa membaca doa sebelum memulai pembelajaran, bernyanyi, dan menebak kata kerja untuk mengingat kembali pelajaran minggu lalu dengan tujuan menanamkan pembiasaan agar menumbuhkan hasil optimal. Hasil yang diharapkan siswa mampu terbiasa dengan pembiasaan positif dan mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris.
2. Pembelajaran Berbasis Bahasa Inggris
Kegiatan belajar mengajar menggunakan bahasa Inggris agar siswa mampu terbiasa penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan. Materi yang disajikan juga tidak hanya materi bahasa Inggris, namun juga ada matematika dalam bahasa Inggris dengan tujuan pembelajaran menggunakan bahasa Inggris agar siswa mampu menerapkan berbahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Hasil yang diharapkan siswa mampu menggunakan bahasa Inggris saat pembelajaran.
3. Pembelajaran Berbasis TPACK