Lihat ke Halaman Asli

Cahaya Langit

Mahasiswa

Qualified Educator

Diperbarui: 20 Oktober 2024   20:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu'alaikum Warahmatullahhi Wabarakatuh

Pendidik yang mumpuni, sering kita dengar dalam dunia pendidikan, tapi mungkin belum semua orang bisa memahami sebenarnya apa arti dari pendidik yang mumpuni. Banyak orang yang mengatakan pendidik yang mumpuni yaitu seorang pendidik yang bisa di dalam segala hal pada dunia pendidikan, tapi menurut saya arti dari pendidik yang mumpuni itu tidak hanya seorang pendidik yang bisa semua di dalam hal pendidikan, akan tetapi pendidik yang mumpuni itu juga harus bisa menerapkan segala hal yang mereka pahami di dalam dunia nyata dan jugabisa menerapkan di dalam keseharian. Karena banyak juga pendidik yang mumpuni itu mereka pandai dalam hal teori yang mereka pahami, tetapi saat terjun langsung ke lapangan banyak yang mereka itu kurang menguasai dalam prakteknya secara langsung. Lalu apa persiapan kita supaya bisa menjadi seorang pendidik yang mumpuni ?

Menurut saya tentunya yang pertama itu pasti pendidikan yang mendalam, karena pasti ada perbedaan antara seorang pendidik yang memiliki pendidikan yang tinggi dengan pendidik yang memiliki pendidikan dibawahnya, karena saya pernah merasakan mengajar di sebuah sekolah dan waktu itu saya baru saja lulus dari SMA, kemudian setelah saya masuk ke dalam dunia perkuliahan dan sudah mendapatkan ilmunya setelah itu saya berpikir oohhh ternyata kita itu harus seperti ini kepada anak, harus seperti ini menyiapkan pembelajaran, dan masih banyak lagi, dan itu sangat terasa sekali perbedaannya. Yang ke-dua yaitu pengalaman, seperti yang sudah saya jelaskan dalam langkah pertama tadi, pengalaman juga merupakan hal yang penting supaya kita bisa menjadi pendidik yang mumpuni, karena sebelum kita mendapatkan ilmunya kita sudah mendapatkan pengamatan tentang dunia anak, jadi kita sudah bisa membayangkan, saat kita sudah memiliki teorinya dan juga pengalamannya, jadi kita sudah bisa menggambarkan cara kita untuk mendidik anak itu harus seperti apa, pada saat kita terjun langsung ke dunia pendidikan dan supaya kita tidak kaget dengan dunia pendidikan yang nyata, tidak hanya dalam angan-angan kita saja. Mungkin itu yang bisa saya berikan supay kita bisa menjadi seorang pendidik yang mumpuni. Terimakasih .

Wa'alaikummussallam Warahmatullahi Wabarakatuh

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline