Lihat ke Halaman Asli

Literasi: Metode Ringan Self-Healing Saat Masa Recovery

Diperbarui: 24 April 2020   15:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapa saja pasti pernah merasakan rasa sakit. Rasa sakit ialah kondisi di mana tubuh kita merasa tidak nyaman dan berakibat pada aktivitas yang terganggu. Hal ini tentu saja sangat menghambat produktivitas. Keadaan akan berubah seiring dengan berjalnnya waktu, tubuh akan merasa lemah sehingga pekerjaan atau hobi akan tertunda. Ada yang bilang, makan jadi tak sedap, tidur pun tak lelap.

Sesorang yang sakit tentu sewajarnya mengharapkan kesembuhan. Dan setelah itu ia akan merasa lebih banyak bersyukur lagi sebab telah melewati masa yang membuatnya tidak bisa beraktivitas seperti biasa.

Masa pemulihan atau yang biasa disebut recovery ialah masa di mana tubuh seseorang kembali beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitar. Tidak langsung memforsir diri dengan pekerjaan yang berat, menjaga pola makan sehat, mencukupkan istirahat dan diimbangi dengan supplemen merupakan beberapa hal yang biasa dijalani ketika dalam tahap recovery tersebut.

Kondisi daya tahan tubuh atau sistem imun tiap orang pasti berbeda-beda. Hal itu juga menjadi faktor yang mempengaruhi seberapa cepat masa pemulihan yang dijalani.

Begitu pula dengan keadaan psikis yang berubah baik ketika seseorang dalam keadaan sehat (sebelum sakit), ketika sakit dan ketika sembuh dari sakit.

Ada hal lain yang kiranya dapat menjadi obat penyembuh selain minum obat-obatan berbahan kimia. Untuk yang satu ini ialah sebagai pancingan semangat bangkit setelah masa sakit yang sempat dilalui.

Tips ini merupakan oleh-oleh dari pengalaman penulis ketika SMA, di mana diselenggarakan sebuah seminar bertema semangat literasi. Dari kegiatan tersebut, narasumber meminta seluruh peseerta untuk menulliskan segala hal yang sedang dirasakan dalam sebuah carik kertas dengan bebas.

Ini untuk membuktikan bahwa menulis bisa dimulai oleh kata apa saja, kapan saja, dimana saja dan yang terpenting oleh siapa saja. Lalu apakah ada korelasi antara proses pemulihan dengan literasi?

Pertama sekali, yang patut kita pahami secara sederhana ialah makna literasi. Literasi sebagai kata kerja yang mana dalam KBBI bermakna kemampuan menulis dan membaca.

Tuhan telah menciptakan manusia sebagai makhuk hidup yang paling sempurna di muka bumi ini. Tidak ada manusia yang tidak mendapat kasih sayang Tuhan. Tuhan menjadikan tiap manusia istimewa dalam versinya masing-masing.

Pun dengan kemampuan menulis dan membaca ini, mungkin beberapa orang masih menganggapnya sebagai suatu hal yang sepele, namun tidak dengan narasumber seminar literasi yang sempat diceritakan di awal tadi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline