Lihat ke Halaman Asli

Urus Paspor Sendiri?...Siapa Takut!!...

Diperbarui: 24 Juni 2015   07:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Maaf nih judulnya pakai istilah jadul (maunya sih pake Vickysisasi tp ga bisa.hehehe…) tp ga papa kan?

Saya punya pengalaman mengurus pembuatan PASPOR untuk saya, istri & 2 anak saya yg msh SD yg akan saya bagikan kepada anda2 kompasioner semoga bermanfaat.

Pada selasa kemarin (10/9/13) saya berencana membuat paspor, berhubung kami semua punya aktifitas msng2 maka pada hari itu diputuskan kegiatan rutin yakni bekerja & sekolah ditiadakan dan focus tuk pembuatan paspor di kantor imigrasi. Oh iya skedar info tahun kemarin sy sempat ngus paspor mertua saya di salah satu kantor imigrasi di wilayah Jabodetabek, waktu itu makan waktu 6 hari kerja (tambah 2 hr tuk sabtu minggu jd total 8 hr) dgn rincian hr ke-1 masukin berkas+verifikasi, hari ke-4 bayar+foto+wawancara, hari ke-6 ambil paspornya. Sebenarnya bs lebih cpt melalui calo yg ada di sekitar kantor tp biayanya mahal (maaf ya…hr gene pake calo? ga layau!!).

Untuk kali ini sblum ngurus sy kontek dulu teman yg krj di imigrasi Surabaya apakah ada cr yg lbh cpt tuk membuat paspor dan ktny ada yakni via online di website www.imigrasi.go.id. Setelah itu sy buka websitenya dan mulailah registrasi tuk 4 orang, krn wkt sy adanya malam maka regnya jg mulai jam 10 mlm tgl 9/9/2013. Ada beberap lembar yg harus diisi & ada dokumen2 yg hrs di upload spt fc ktp,fc KK, fc Ijazah/akte kelahiran, tuk anak2 yg blm punya KTP fc surat nikah(file yg diupload ga boleh lebih dr 300kb). Pada halaman terakhir reg ada pilihan mau ngurusnya di kantor imigrasi mana & pada tanggal berapa(klo tdk datang pd hr yg telah kt pilih maka registrasi kita batal & hrs reg kembali) dan sy pilih di Kanim(kantor imigrasi) Jakarta Selatan, hr Selasa 10/10/2013. Setelah itu muncullah lembaran bukti registrasi yg hrs diprint sbgai bukti reg skaligus undangan ke Kanim Jaksel pd jam 8.00 s/d 11.00 sesuai tgl yg tlh kita pilih, di luar jam tsb tdk akan dilayani.

Besoknya tgl 10/9/2013 kami be-4 ke Kanim Jaksel, krn jln lg macet (rmh kami di Sawangan Depok) maka tiba di Kanim sdh pukul 10.30 dan ternyata gedungnya baru nan megah tdk spt 10 thn yg lalu ketika sy kesini tuk urusan lain dimana suasanya kumuh dan berisik oleh mikrofon ditambah lg calo yg lalu lalang menawarkan jasanya. Pada hr ini betul2 suasanya beda bgt rapih bersih ga ada suara brisik dan ga ada lg calo yg menghadang (dlm hati Alhamdulillah smoga pelayanannya jg demikian). Masuk gedung tanya resepsionis dan ditunjukin di lantai 2 lansung ambil nomer, betul jg jam 11 teng pengambilan nomer otomatis tertutup. Untungnya kami msh sempat Alhamdulillah. Setelah nunggu +/- 1 jam kami dpt giliran verifikasi berkas stlh itu dpt nomer antrian tuk byr, berhubung sdh jam 12 maka petugas/loketnya tutup dan buka kembali jam 13.00, setelah itu kami bayar Rp.255.000/orang tidak lebih n tdk kurang. Setelah bayar nunggu tuk foto & wawancara. Sekitar jam 16.00 kami sdh melalui semua prosedurnya & sekali lagi Alhamdulillah lancar car car & diberitahukan klo paspornya bisa diambil hr jumat 13/9/2013 klo ga sempat yg ambil bisa orang lain pake surat kuasa. Dan hari ini kami sudah memegang paspor & siap tuk berangkat kemana aja, hehehe…Jadi dlm waktu 4 hr kerja dan cm 1x nongol ke Kanim dgn biaya Rp.255.000 sdh bs spt paspor.

Demikian pengalaman saya semoga bermanfaat, harapannya semoga di Kanim2 yg lain dan jg instansi2 lain pelayanannya semudah dan selancar ini, aamiin. Jadi...NGURUS PASPOR SENDIRI?...SIAPA TAKUT!!...(say no to calo…)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline