Lihat ke Halaman Asli

Zulcar Chaeril

Writer and lecturer

Apa Kabar Bola Basket Putri Indonesia?

Diperbarui: 17 Februari 2022   01:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatih kepala tim nasional bola basket putri Indonesia Lin Chi Wen | Sumber: ANTARA/fiba.basketball

Lama tidak terdengar, tim nasional bola basket putri Indonesia meraih juara ketiga dalam ajang FIBA Asia Cup Divisi B pada November 2021 lalu. Memang timnas putri ini rasanya cukup jarang diekspos dibanding timnas putra. Namun, tidak berkecil hati justru mereka sempat mengharumkan nama bangsa di luar negeri dengan meraih peringkat ketiga. 

Meski belum berhasil promosi ke divisi A, prestasi ini menjadi kado yang sangat membanggakan apalagi sejak 2020 turnamen wanita profesional Srikandi Cup harus berhenti bergulir karena pandemi. 

Kekosongan turnamen selama tahun 2020 hingga hari ini membuat kita tidak bisa melihat para srikandi basket ini berlaga di atas lapangan. 

Memiliki pelatih asing asal Taiwan yang bukan kaleng-kaleng

Meski sedang jalan ditempat, pihak Perbasi rasanya tidak menutup mata terhadap kesempatan tim ini untuk berlaga membela negara di luar negeri. Pelatih asal Taiwan yaitu Li Chi Wen didatangkan menggantikan pelatih sebelumnya yaitu Lori Chizik asal Kanada, dalam rangka menghadapi gelaran FIBA Women's Asia Cup 2021 di Yordania dan kejuaraan selanjutnya.

Sebelumnya, Li Chi Wen merupakan mantan asisten pelatih tim nasional basket putri Taiwan pada 2018. Pelatih ini juga merupakan seorang pemain nasional putri Taiwan. Memiliki tinggi 186 cm pelatih timnas ini tercatat sebagai pemain di tim Taipower dari 2006 sampai 2017. 

Diharapkan dengan kedatangan dari pelatih asing ini membawa pengalaman serta strategi yang jitu bagi timnas putri untuk bisa bermain lebih baik lagi di ajang-ajang dunia.

Tidak ada kejuaraan reguler yang berjalan

Setelah meraih peringkat ketiga, liga basket reguler bagi putri di Indonesia masih belum diadakan. Sehingga pemain tidak memiliki kesempatan untuk kembali berlaga di atas lapangan setelah kembali.

Kesempatan pun hadir saat salah satu klub basket asal Cirebon mengadakan open turnamen di kelas wanita. Berlangsung selama 1 minggu, open turnamen ini diikuti oleh beberapa tim kenamaan seperti Surabaya Fever dan tuan rumah Generasi Muda Cirebon (GMC) serta tim dari beberapa kampus dan sekolah.

Prestasi yang terbilang baik

Basket putri Indonesia saat ini berada di peringkat 61 dunia atau peringkat 10 zona Asia, per Desember 2021. Torehan yang sangat baik, karena naik sebanyak 13 peringkat dari peringkat sebelumnya yaitu 74. 

Mengingat di gelaran SEA Games lalu, timnas Putri sebenarnya cukup menjanjikan di kawasan Asia Tenggara, meski masih memiliki lawan berat seperti Filipina, Thailand dan Malaysia yang merupakan saingan terdekat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline