Lihat ke Halaman Asli

Zulcar Chaeril

Writer and lecturer

Strategi Mudah Menentukan Harga dalam Jualan Online

Diperbarui: 8 Januari 2021   15:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: https://pioffice.co/

Harga dalam ilmu pemasaran merupakan salah satu unsur dalam strategi pemasaran dalam pemasaran bauran (red: Marketing Mix). Selain harga (price) terdapat unsur lain dalam pemasaran bauran atau yang lebih dikenal dengan 4P Marketing Mix yaitu Product (produk), Place (lokasi) dan Promotion (promosi). Keempat unsur ini memiliki peran penting dalam bergeraknya sebuah penjualan produk di tengah pasar yang telah ditentukan. 

Harga merupakan salah satu pertimbangan seorang konsumen dalam melakukan pembelian barang. Konsumen memiliki referensi pribadi dalam memberi penilaian terhadap suatu barang, apakah harga yang ditawarkan terlalu mahal, sesuai atau terlalu mahal. Sehingga, penjual harus memberikan harga yang masuk akal agar konsumen berminat untuk membeli produk.

Menentukan harga sebuah barang dalam penjualan melalui situs jual beli (Marketplace)

Penjual harus memahami cara konsumen melakukan pembelian barang secara daring. Pembeli umumnya tidak langsung memilih satu barang dan memproses pembayaran. Penjual harus tahu ada tahapan konsumen sebelum memutuskan membeli sebuah barang dari satu toko. Mulai dari tahapan konsumen memilih barang sampai melihat perbandingan harga antar toko yang berbeda.

Menghitung harga modal 

Bila ingin menjual produk yang juga banyak dijual di marketplace hitung lah modal dengan baik dan carilah pemasok termurah yang bisa anda dapatkan. Sebelum menentukan harga, tentukan modal yang dikeluarkan untuk mendapat produk tersebut. dari pemasok. Komponen seperti harga produk, biaya kirim ke gudang dan pajak harus dimasukkan dan dihitung bersama untuk menentukan harga modal untuk produk yang akan dijual. 

Mencari pemasok termurah dan terpercaya menjadi hal utama agar dapat menjual barang secara kompetitif. Dengan mengetahui modal, perhitungan harga jual yang kompetitif akan sangat membantu dalam melakukan penjualan di marketplace.

Melakukan riset harga barang

Penjual kerap menawarkan harga yang sesuai dengan nilai sesungguhnya dari produk tersebut. Namun, ada baiknya sebelum menyematkan sebuah harga penjual harus melakukan riset berapa harga pasaran yang kerap ditawarkan oleh penjual lain. 

Riset harga pasar ini memiliki tujuan agar penjual menawarkan harga yang kompetitif produknya agar lirik oleh konsumen. Dengan harga yang kompetitif, secara sistem marketplace akan menempatkan produk anda dihalaman atau di posisi yang cukup atas agar bisa dilihat oleh konsumen. Walaupun ada komponen lain selain harga yang menentukan posisi produk penjual.

Perhatikan komisi di setiap marketplace

Komisi di setiap marketplace berbeda-beda. Penjual harus jeli mengetahui berapa komisi yang harus diberikan saat produknya terjual. Penjual harus memberi harga lebih dari harga jual untuk menutupi komisi yang diberikan agar penjual tidak mengalami kerugian.

Setiap marketplace memiliki persentase komisi yang berbeda dan bahkan disetiap kategorinya pun berbeda. Seperti dalam satu marketplace, komisi untuk produk olahraga dan produk kesehatan bisa berbeda. Penjual harus teliti terhadap komisi untuk produk yang akan dijualnya.

Menghitung harga promosi

Promosi merupakan hal yang harus kerap dilakukan oleh penjual agar produknya diminati oleh konsumen. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline