Lihat ke Halaman Asli

Zulcar Chaeril

Writer and lecturer

Ingin Pembaca Membagikan Konten Pemasaran? Berikut 5 Cara yang Memicu Pembaca Membagikan Kontenmu

Diperbarui: 15 Juni 2019   14:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Marten Bjork on Unsplash

Setiap pemasar menginginkan konten yang mereka terbitkan bisa dibaca dan dibagikan sebanyak mungkin oleh pembaca, semakin banyak konten yang dibagikan pembaca maka pengunjung situs pun yang semakin banyak. Konten pemasaran kini semakin giat diterbitkan sesuai dengan kebutuhan pemasaran daring saat ini. Semua merk berlomba-lomba menciptakan konten yang menarik untuk menarik konsumennya dan memperkenalkan produknya lebih luas. Strategi yang dianggap efektif membuat para pemasar mencari cara-cara kreatif untuk mengisi konten yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca untuk dibagikan kembali.

Konten pemasaran bisa dalam banyak bentuk seperti tulisan (artikel), gambar, infografis, video dan lain lain. Menerbitkan sebuah konten tidak serta merta membuat konten tersebut bisa bergerak sendiri untuk bisa dibaca oleh pembaca, butuh tindakan manusia untuk konten itu bisa dilihat oleh pembaca. Sebuah konten pemasaran harus menarik untuk bisa dilihat dan dibaca oleh pembaca dan dibagikan kembali oleh mereka, apabila konten tersebut tidak memberi nilai atau dampak lebih bagi pembaca sulit untuk konten tersebut dapat dibagikan. Pemasar harus tetap menghadirkan konten menarik yang dapat memicu konsumen untuk membagikannya,  dengan begitu memicu pembaca untuk membagikan kembali konten yang telah diterbitkan. Berikut ini adalah 5 pemicu pembaca untuk membagikan ulang konten yang telah diterbitkan.

1. Pastikan konten yang diterbitkan menarik dan memberikan manfaat

 

Content marketing pixabay.com

Konten pemasaran apapun yang terbitkan pastikan konten tersebut menarik pembaca untuk melihat, tidak hanya clickbait saja. Setiap pembaca memiliki referensi mengenai konten menarik yang akan dibacanya, kenali karakter pembaca yang dituju dan juga relevansi antara konten yang diterbitkan dengan solusi yang diberikan. Dengan relevansi yang dihadirkan akan memberikan manfaat bagi pembaca dan bila konten tersebut sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan bermanfaat bagi pembaca maka mereka pun tidak akan ragu untuk membagikannya kembali, agar orang lain pun mendapat manfaat dari konten tersebut. 

2. Isiliah konten dengan visual yang menarik

okdork.com

Membuat konten memang harus sepenuh hati tambahkan visual untuk menunjang konten agar tidak membosankan. Pembaca akan lebih senang melihat konten yang berikan sentuhan visual menarik seperti gambar atau video yang menunjang informasi yang ingin diberikan. Survei dari okdork.com menunjukkan 64,9% artikel yang ditambahkan gambar lebih banyak dibagikan dibanding dengan yang tidak ada gambarnya. Dengan tambahan visual gambar atau video yang diberikan, informasi yang ingin disampaikan melalui konten yang diterbitkan akan memudahkan konsumen membaca dan memahami pesan yang disampaikan.

3. Semakin panjang konten, semakin tinggi kemungkinan di share kembali

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline