Lihat ke Halaman Asli

Zulcar Chaeril

Writer and lecturer

Jakarta West Bandits Melaju ke Perempat Final di Manila FIBA 3x3

Diperbarui: 6 April 2019   17:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pavlovic and Goodman. (sumber: tiebreakertimes.com.ph)

Jakarta West Bandits tim lokal yang mewakiliki Indonesia digelaran FIBA 3x3 yang bertema The Chooks-to-Go 3x3 Asia-Pacific Super Quest dilangsungkan di Manila, Filipina pada tanggal 6-7 April 2019 tepatnya di SM Megamall Fashion Hall. 

Akan ada 12 tim dari 10 negara yang berpartisipasi mewakili klub dari negara mereka. Gelaran yang dilangsukan di Manila ini merupakan FIBA 3x3 Tour dan para juara pada gelaran ini akan mendapatkan tiket ke gelaran FIBA 3x3 yang lebih tinggi lagi yaitu FIBA 3X3 World Tour Masters di Doha yang akan dilangsungkan pada tanggal 18 sampai 19 April dan Challenger Series di Penang pada tanggal 12 sampai 13 May.

12 tim yang bertanding ini dibebaskan dalam menentukan pemain, setiap tim diperbolehkan menggunakan pemain import untuk menambah kekuatan tim. Jakarta West Bandits yang mewakili Indonesia pada gelaran ini menggunakan 4 kuota pemainnya dengan semua pemain import. 

Jakarta West Bandits menggunakan pemain import yang berasal dari Indonesia Basketball League (IBL) pada musim 2018-2019 bermain. Mereka adalah dua import yang membawa Stapac Jakarta Juara yaitu Savon Goodman dan Kendal Yancy lalu ada shooter handal Martavius Irving dari Bogor Siliwangi dan Bigman Shooter handal dari Bima Perkasa Jogja David Atkinson. 

Para pemain hebat ini akan membawa nama Indonesia melalui klub Jakarta West Bandits selama dua hari gelaran The Chooks-to-Go 3x3 Asia-Pacific Super Quest berlangsung di Manila.

Di hari pertama gelaran ini dimulai, Jakarta West Bandits akan melakoni dua pertandingan. Berada bersama dua tim lainnya di Pool C yaitu ada tim tuan rumah Chooks to Go Pasig dari Filipina.  

Joshua Munzon yang musim lalu sempat memperkuat Malaysia Westports dragon di ajang ABL dan Taylor Statham yang sempat menjadi training player bersama CLS Knights Surabaya pada pertandingan pertama dan tim asal Taipei yaitu Absolute 3x3 yang diisi oleh para pemain muda lokal berbakat pada pertandingan kedua. 

Pada pertandingan pertama West Bandits menghadapi tim kuat lokal Filipina Chooks to Go Pasig yang merupakan satu dari dua tim lokal Filipina yang menjadi juara dari 3x3 president cup di Filipina pada babak penyisihan grup. 

Pertandingan sangatlah ketat kedua tim bermain dengan aggresif. Savon Goodman terus membongkar paint area Chooks to Go Pasig yang dijaga oleh Taylor Statham dan kemampuan tembakan akurasi 2 angka Irving memberi poin bagi Jakarta West Bandits untuk tetap menjaga margin dengan tim lawan yang bermain sangat baik selain itu peran David Atkinson yang dapat memberikan poin dari tembakan 2 angka pun memberi pengaruh lebih terhadap permainan Jakarta West Bandits.

Pertandingan harus dilanjutkan ke waktu overtime setelah di satu menit terkahir Irving mampu menyamakan kedudukan melalui tembakan 2 angkanya menjadi 19-19 sebelum waktu habis dan Chooks to Go Pasig gagal memanfaatkan serangan pada detik-detik akhir. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline