Lihat ke Halaman Asli

Zulaila

Mahasiswa

Pentingnya Menjaga Kebersihan Tubuh!

Diperbarui: 7 Desember 2022   22:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(sumber gambar: Gramedia.com)

Kebersihan tubuh merupakan suatu cara untuk memastikan bahwa  kita memiliki tubuh yang sehat.Karena menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan hal yang sangat penting. Ketika kita memiliki tubuh yang sehat dan bugar maka dapat mencegah tubuh kita  terserang dari penyakit sehingga kita dapat tetap menjalankan aktifitas sehari-hari. Beberapa cara untuk menjaga tubuh agar tetap bersih salah satunya adalah dengan cara membersihkan badan dua kali dalam sehari,menggosok gigi, hingga menggunting kuku.Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit yang mati,dan menghilangkan kuman yang menempel pada tubuh kita.

Pastinya banyak sebagian orang yang melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan yang memancing kuman dan bakteri untuk menempel di tubuh. Jika kita tidak menjaga tubuh tetap bersih tentunya berbagai penyakit bisa saja menyerang kapan saja dan dimana saja.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan cara peningkatan gaya hidup sehat yakni dengan:

1. Mengecek Kondisi Kesehatan Secara Berkala

Dengan mengecek kesehatan secara berkala,maka kita dapat mengetahui penurunan dan peningkatan yang terjadi pada kondisi  tubuh,dan penyakit yang terjangkit pada tubuh kita.

2. Menjauhi Asap Rokok

Karena asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh,terutama bagi kesehatan paru-paru,jadi jika kalian perokok maka berhentilah,dan jika kita berada dekat dengan orang yang sedang merokok maka kita harus menjauhi dari orang tersebut,supaya tidak terpapar asap rokoknya.

3. Memilih makanan yang sehat

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung protein, gizi ,serat, nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Kita harus pandai dalam memilih makanan,karena jika kita memakan makanan yang tidak sehat ,dapat mempengaruhi kesehatan tubuh,terutama kesehatan pencernaan.

4. Melakukan aktifitas fisik

Contoh aktifitas fisik seperti olahraga,karena olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.Salah satu bentuk aktifitas fisik yang mudah dilakukan adalah senam.Senam adalah gerakan-gerakan tubuh yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Beberapa manfaat senam bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Memperkuat otot kaki dan tangan
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline