Lihat ke Halaman Asli

zulaihatul asfia

22107030062 Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Seharian di Gembira Loka Zoo Yogyakarta, Ada Apa Saja?

Diperbarui: 8 Juni 2023   07:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumen pribadi

Selain menjadi tempat rekreasi, kebun binatang merupakan pilihan yang tepat untuk belajar mengenal hewan hingga tempat untuk penelitian. Saat ini sudah banyak kebun binatang yang menyediakan fasilitas untuk berinteraksi secara langsung dengan hewan yang ada di sana. 

Salah satunya ialah Gembira Loka Zoo, di sana tersedia fasilitas berfoto dengan burung,   memberi makan gajah, kura-kura, unggas, hingga memegang ular. Tentu saja kegiatan tersebut dalam pengawasan petugas dan merupakan hewan pilihan yang sudah terbiasa dengan manusia. Jadi, jangan coba -- coba untuk memegang ular liar sembarangan ya, teman-teman.

"Interaksi satwa di sini kami siapkan hewan yang jinak dan aman, namun tetap tidak boleh sembarangan. Makanan dan arahan semua dari kami mbak." Penjelasan dari Agus, salah satu petugas Gembira Loka Zoo. "Kalo memberi makan satwa di sini ada biaya untuk membeli makanannya, Mbak." Tambahnya, menjelaskan bahwa pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan satwa dari luar.

Dibangun atas ide Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1933 dengan nama Kebun Rojo, kini sudah banyak berkembang dan berganti nama menjadi Kebun Binatang Gembira Loka atau biasa disebut Gembira Loka Zoo. 

Di kebun binatang seluas 22 hektare ini dipelihara lebih dari seratus jenis hewan. Banyaknya jenis hewan yang ada membuat Gembira Loka Zoo menjadi tempat rekreasi oleh masyarakat. Gembira Loka Zoo terletak di Jalan Kebun Raya No.2, Rejowinangun Kotagede, Yogyakarta.

Dengan harga tiket masuk 60.000 pada hari Senin - Jumat dan 75.000 saat hari libur, kita sudah bisa melihat berbagai jenis satwa mulai dari mamalia, ikan, reptil, amfibi dan unggas dari belahan dunia. 

Karena saya berkunjung pada hari minggu 21 Mei 2023, saya dikenakan tarif 75.000 per orang dan harga tiket sudah termasuk paket naik kereta, perahu katamaram, dan mendapatkan selembar peta untuk memudahkan pengunjung berkeliling. Mereka juga menyediakan ruang laktasi untuk para ibu mennyusui, toilet difabel serta jalur yang ramah difabel. Jadi teman -- teman difabel bisa dengan nyaman berkeliling Gembira Loka Zoo yaa.

Wisata Gembira Loka Zoo Yogyakarta tidak hanya dipadati pengunjung dari Yogyakarta saja, tetapi juga warga luar Jogja yang antusias melihat koleksi binatang -- binatang di sini. Salah satunya Yenie, pengunjung dari Cilacap yang tampak seru mengenalkan binatang kepada anaknya, "Saya punya anak usia 2th yang lagi happy banget liat binatang dan saya ingin mengedukasi bahwa seru loh interaksi dengan binatang dan mungkin GL jadi lokasi yang bisa di kunjungi karena memang tempat bagus dan binatangnya banyak untuk wilayah Jogja." "GL ini kan buka dari jam 08.30 -- 16.00 WIB, jadi saya berangkat pagi sekali jam 06.00 dari Cilacap naik kereta agar bisa puas menikmati di sini." Tambahnya. 

dokumen pribadi

 Sama halnya dengan segerombol anak TK yang tampak antusias memasuki Gembira Loka Zoo, mereka menjawab dengan lantang ketika saya bertanya hewan apa yang paling ingin dilihat, "Mau lihat Gajah!" "Jerapah dan Harimau juga!" "Kalo aku Buaya!" Sangat senang mendengar semangat mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline