Lihat ke Halaman Asli

Berawal dari Kelas Ibu Hamil

Diperbarui: 18 Juni 2015   08:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

BULUKUMBA—Kelas ibu hamil merupakan fondasi bagi keselamatan dan kesehatan ibu melahirkan serta bayi yang dilahirkannya. Sebab, di dalam kelas ibu hamil inilah semua permasalahan ibu hamil hingga persalinan disaampaikan kepada peserta.

Bidan Koordinator Puskesmas Ujung Loe, Sherly Suherman mengatakan, di kelas ibu hamil ini, banyak hal yang diajarkan kepada ibu hamil. “Misalnya, bagaimana merawat payudara agar bisa memproduksi banyak ASI,” jelasnya.

Di samping itu, dalam kelas ibu hamil, kelainan yang tampak pada ibu hamil bisa terdeteksi. Misalnya ada kemungkinan komplikasi penyakit yang mengganggu kelancaran persalinan, hal tersebut bisa dicegah. Kelas ibu hamil juga bisa mencegah kematian akibat pendarahan, abortus. “Juga penjelasan tentang penggunaan KB,” katanya.

Namun karena masih kurangnya kesadaran ibu hamil ini sendiri maupun pihak keluarga, Puskesmas Ujung Loe yang sejak tahun 2011 didampingi Kinerja USAID dalam hal peningkatan pelayanan kesehatan terus pro aktif dalam sosialisasi. (ZUL FAHMI)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline