Lihat ke Halaman Asli

Senam Lansia bersama KKM DR UIN Malang di Desa Sumberejo

Diperbarui: 29 Januari 2022   22:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang sangat beragam, mulai dari ekonomi, Pendidikan hingga ke tingkat kesejahterahan masyarakat. Oleh karena itu, kita diberikan izin untuk bisa membantu secara langsung masyarakat yang terkena dampak. Dan kami memilih Desa Sumberejo Kecamatan Gedangan untuk diberikan bantuan. Tenaga dari kita yang sedikitnya bisa membantu dalam hal Pendidikan, ekonomi dan Kesehatan di masyarakat sekiitar. Setelah melakukan perizinan ke balai desa, kita di fokuskan di Dusun Sumbersari.

Pelaksaan Kegiatan KKM DR UIN Maulana Malik Ibrahim Malang disambut baik oleh para masyarakat di Desa Sumberejo terutama di Dusun Sumbersari, Dimana para masyarakat senang jika kedatangan para mahasiswa KKM untuk membantu memulihkan pengelolaan desa mulai dari media pembelajaran hingga ekonomi masyarakat setempat. KKM yang dilaksanakan 1 bulan ini cukup menyita banyak perhatian, karena dimana kegiatan yang sangat singkat namun harus bisa memberikan dampak yang baik bagi para masyarakat setempat. Desa Sumberejo memiliki 6 dusun yakni Dusun Dokosari, Tlekung, Sumbersari, Sumberwangi, Mulyosari dan Krajan, namun kita di tempatkan oleh Kepala desa dan berfokus pada Dusun Sumbersari. 

Foto bersama Anggota Senam Lansia

Di dusun sumbersari terdapat banyak sekali kegiatan yang dapat kita bantu salah satunya yaitu membersamai kegiatan ibu-ibu yaitu senam lansia yang diadakan setiap seminggu sekali dihari selasa. Senam lansia berbeda dengan senam-senam lainnya, pada senam ini hitungan lebih lama dan lebih banyak gerakan yang diulang. Namun dengan itu akan menjadika para lansia menjadi lebih sehat karena efek yang dirasakan adalah badan akan terasa enteng dari sebelumnya. Senam lansia ini juga diiringi music pada umumnya namun music yang digunakan dimulai dari selow hingga music dangdut. Sangat seru sekali jika para ibu-ibu lansia ini berteriak untuk saling menyemangati. Dan senam lansia ini menurut saya jarang dilaksanakan didaerah lain.

selain itu diadakannya senam ini juga berefek untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan pada masyarakat dusun sumbersari. karena para anggota datang ke balai dusun bukan hanya senam saja malinkan juga bercanda tawa bersama dan setelah senam dilaksanakan pasti mereka akan makan bersama yang dimana makanan tersebut juga bawaan dari ibu-ibu yang ingin membawakan makanan. sangat seru dan dapat pula hal tersebut dijadikan pedoman hidup dimasyarakat yaitu suasana kekeluargaan yang diciptakan oleh masyarakat desa sumberejo.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline