Lihat ke Halaman Asli

Zuhaidi Ahmad

Mahasiswa apoteker

Mari Lebih Memahami Tentang Salah Satu Prekursor "Safrole"

Diperbarui: 28 Mei 2023   16:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Safrole termasuk golongan benzodioxoles yaitu 1,3-benzodioxole yang tersubstitusi oleh gugus alil pada posisi 5. Terdapat pada beberapa tanaman, antara lain lada hitam, kayu manis dan pala, serta terdapat pada beberapa minyak atsiri, terutama sassafras.

Safrole adalah prekursor utama untuk memproduksi obat stimulan tipe amfetamin (ATS) N-metil-3,4- methylenedioxyamphetamine (MDMA), juga dikenal sebagai ekstasi. dengan Rumus Molekul: C10H10O2 Berat Molekul: 162,18 Sinonim: 5-Allyl-1,3-benzodioxole; Safrol; Shikimole; Shikomol; Safrene; Sassafras; Rhyuno oil; Safrole MF; 1,3-Benzodioxole, 5-(2-propenyl)-Allylcatechol methylene ether dan untuk Organoleptis: cairan bening tidak berwarna atau agak kuning dengan bau sassafras. Diperoleh dari minyak sassafras atau minyak kapur barus adapun Kelarutan : tidak larut dalam air, Sangat larut dalam etanol ; larut dengan etil eter , kloroform.

Dalam salah satu penelitian yang dilakukan HUMAN AND EXPERINCE TECHNOLOGHY , Tikus normal setelah pengobatan oral dengan safrol diperiksa untuk fagositosis oleh makrofag dan dari PBMC dan rongga peritoneum, dan hasilnya menunjukkan bahwa safrol mempromosikan fagositosis. Namun, hal yang menarik adalah bahwa safrol mempromosikan aktivitas sitotoksik sel NK dari splenosit tikus normal. 

Selanjutnya, ketiga perlakuan dosis dengan safrol tidak menunjukkan efek yang signifikan pada bobot tubuh, limpa dan hati. Secara keseluruhan, pengobatan oral safrol menyebabkan peningkatan aktivitas makrofag dan sel NK tikus normal. Dan temuan ini cocok dengan peningkatan tingkat populasi sel CD11b dan Mac-3.

Salah satu penyalagunaan safrole ialah sempat didapatkannya pihak berwenang Kamboja membongkar lebih dari 50 laboratorium rahasia dan menangkap 60 hingga 100 orang yang terlibat dalam produksi safrol dalam beberapa tahun terakhir. Metode produksi minyak kaya safrole saat ini membahayakan flora dan fauna di ekosistem yang rapuh dan berdampak pada mata pencaharian penduduk setempat. 

Untuk menghasilkan minyak, seluruh pohon hutan liar dan sering langka ditebang dan minyaknya disuling dengan uap dari kayu, akar dan tunggulnya. Hal ini tentunya mendorong Saffrole kemudian dilarang pemakaiannya sebagai obat, perasa, dan zat aditif pada makanan oleh FDA akibat berpotensi bersifat karsinogenik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline