Lihat ke Halaman Asli

Zubairi

Penulis Artikel Ringan

3 Kata dan Kalimat dalam Jual Beli yang Bikin Galfok

Diperbarui: 5 Januari 2023   13:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Dalam ranah jual-beli, singkatan kata memang sudah lumrah dilontarkan oleh penjual dan pembeli. Tentu saja untuk mempersingkat maksud penyampaiannya. Biar lebih fleksibel. Jika misalkan sampeyan sudah pernah atau bahkan lama berkecimpung di dunia jual-beli, lalu pernah nggak paham akan singkatan suatu pesan, tapi sampeyan nggak menuliskannya, izinkan saya sedikit mengulasanya di sini. 

Namun, jika misalkan sampeyan masih belum terjun ke dunia jual-beli, atau masih pemula dan belum paham, nggak tahu akan singkatan frasa dalam jual beli, tapi punya keinginan bergelut di sana, maka sebaiknya pahami dulu singkatan berikut. 

#BD

BD singkatan sebuah kata yang sempat membingungkan saya. Saya kira, Bidadari, Belum Datang atau BiDan. Ternyata salah. BD adalah singkatan dari kata Booked. 

Kata Booked, jangan cari di KBBI. Serius ini. Sebab di sana, nggak ada. Saya sudah mencoba mencari kata itu. Yang ada hanya kata "boogie-woogie, bokeh, bokep" dan lain-lain.

Awalnya saya betul-betul tak paham apa itu Booked. Saya kira Buket, seperti yang orang-orang pegang saat selesai wisuda maupun pasca sidang proposa/skripsi itu. Ternyata bukan. Sebab, itu bahasa Inggris. Booked (dipesan). Artinya barang itu sudah dipesan oleh orang lain. 

Contoh. "Barangnya masih ada nggak, Mas? Kalau masih ada, akan saya cek besok siang."

"Maaf, Mas. Barang ini sudah di BD (dibooked) orang lain dan akan dicek besok pagi." 

#BH

Dulu, dulu sekali (nggak usah dulu dua kali). Saya membantu teman saya menjual sepeda motornya. Saya jual lewat online di Marketplace Facebook. Setelah saya posting, beberapa menit berlalu, ada orang yang tanya gini: 

"Motornya masih ada nggak, Mas?" 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline