Lihat ke Halaman Asli

Zubairi

Penulis Artikel Ringan

Lantas Kenapa Kalau Ronaldo Gabung ke Al Nassr FC, Bro?

Diperbarui: 1 Januari 2023   21:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Twitter/@FabrizioRomano

Banyak orang yang menyayangkan, kenapa Ronaldo malah pindah ke tim Arab, Al Nassr FC. Sebab, selain liganya memang kurang terlihat, Ronaldo keluar dari Manchester United dan Portugal tanpa gelar apa-apa. Memangnya kenapa? 

Jika orang melihat Ronaldo hari ini kaget berlabuh ke tim Jazirah Arab lantaran liganya tak spektakuler, itu mindsetnya yang perlu dievaluasi. Sebab, jika menginginkan Liga Arab terlihat gemilang dan moncer seperti Liga Eropa, ya bermimpi.  Itupun, jika mimpinya tercapai. Soal keluar dari Manchester United dan Portugal tanpa gelar, atau problem yang mengiringi Ronaldo, itu masalah dia. 

Tanpa gelar di Portugal yang dimaksud, mayoritas adalah Piala Dunia. Mau Ronaldo pindah setelah ia mendapatkan titel Piala Dunia, ya sudah nggak mungkin. Atau, mau Ronaldo pindah dari Setan Merah setelah menjuarai Liga Champions, juga belum tentu. Boro-boro Liga Champions, merengkuh juara Premier League edisi tahun ini, itu hal yang berat. MU saat ini masih kalah sama Arsenal. City, apalagi. Jadinya, ya nggak mungkin juga. 

Jadi, memang sudah sepantasnya Ronaldo pindah ke tim Arab. Sebab, selama berkarir, Liga Italia, Spanyol, Inggris dan bentrok dengan tim bintang di Eropa dalam Liga Champions, sudah ia rasakan. Apa yang ditunggu di Eropa kalau nggak pindah ke Arab? 

Toh umurnya sudah hampir 40 tahun. Umur segitu, biasanya pemain sepak bola sudah gantung sepatu. Beruntung Ronaldo pindah, jika tidak, dia bisa apa di Eropa bersama Manchester United? 

Ronaldo itu petarung. Selain berjiwa fighter, ia juga semacam seorang musafir dibanding sang rival, Lionel Messi. Sebagai petarung dan macam sosok musafir, ia tentu paham bagaimana harus pindah dari jalan yang satu ke jalan yang lain. Mencari pengalaman lebih banyak, merumput di berbagai liga untuk mendapatkan sensasi baru yang sebelumnya belum pernah ia rasakan. 

Ronaldo itu, sama dengan Iniesta dan pemain legend lainnya yang pindah dari tim besar dan liga domestik ke tim yang lebih kecil dan liganya yang lebih tak terlihat di mata Eropa. Bahkan, terdengar saja jarang. Yang membedakan adalah nama dan gelar. Ronaldo adalah penyerang, dan punya gelar dan penghargaan yang telah diraih. Lebih banyak ketimbang Iniesta dan pemain lainnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline