Lihat ke Halaman Asli

Zubaili

Guru Honorer - Aceh. "Belajar Harus Berguru, Bukan Meniru"

Ini Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah

Diperbarui: 7 Juli 2022   20:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Ilustrasi: kompas)

Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah

Puasa tarwiyah dan puasa arafah adalah puasa yang dikerjakan oleh kaum muslimin di 10 awal bulan Dzulhijjah. Puasa tarwiyah adalah puasa yang dikerjakan pada tanggal 09 Dzulhijjah. Sedang puasa arafah adalah puasa sunat yang dikerjakan pada tanggal 09 Dzulhijjah.

Puasa tarwiyah dan dan puasa arafah sangat dianjurkan untuk dikerjakan bagi kita kaum muslimin yang tidak mengerjakan ibadah haji. Tujuannya adalah untuk dapat merasakan juga nikmat yang dirasakan oleh para jamaah haji yang sedang menjalankan ibadah hajinya.

Untuk tahun ini, puasa tarwiyah jatuh pada hari Jum'at (08 Juli 2022) dan puasa arafah jatuh pada hari sabtu tanggal 09 Juli 2022 (09 dzulhijjah), sebagaimana yang telah diumumkan oleh pemerintah melalui kementerian agama.

Bagi siapa saja yang mungkin masih ada tanggungan puasa Ramadhan, alangkah bagusnya mengerjakannya pada hari tarwiyah atau arafah, ataupun hari-hari lain yang disunatkan berpuasa, misal hari senin dan kamis. 

Karena dengan qadha puasa di hari yang disunatkan berpuasa akan mendapatkan dua pahala sekaligus. Pahala qadha dan pahala hari yang kita puasa. Misal, qadha di hari Arafah, mendapat pahala qadha, dan pahala puasa arafah.

Apa keutamaanan dari puasa Tarwiyah dan Arafah? 

Puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas. (HR Muslim).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline