Lihat ke Halaman Asli

Zuan Angela

have fun

Diet Golongan Darah, Cara Alami Tanpa Ribet

Diperbarui: 22 September 2019   22:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Mungkin masih terasa asing  apa itu diet golongan darah, namun bagi masyarakat perkotaan, diet golongan darah sangat diminati. Disamping karena sangat mudah, diet ini hanya perlu menghindari makanan yang tidak cocok dengan aglutinin kita.

Mungkin kita baru menyadari makanan yang selama ini kita makan tidak cocok dengan aglutinin kita yang membuat metabolisme kita berjalan lambat. Di awal mungkin berat karena harus menghindari makanan yang kita suka.

Diet ini disamping untuk menurunkan berat badan juga mengurangi resiko masalah kesehatan seperti obesitas. Apakah anda tertarik? Berikut serba-serbi diet golongan darah yang wajib anda ketahui.

Apa itu Diet Golongan Darah?

Diet golongan darah adalah bagaimana kita mengatur pola makan kita sehari-hari berdasarkan golongan darah yang kita miliki. Tujuannnya sendiri tidak hanya untuk menjadikan tubuh kita kurus, melainkan menjadikan tubuh kita menjadi lebih segar dan sehat.

Penemu diet golongan darah sendiri adlah Dr. Peter J. D'Adamo. Dia mengklasifikasikan diet ini berdasarkan golongan darah A, B, O, dan AB. Dia mengklaim bahwa setiap golongan darah mencerna makanan secara berbeda.

Dia meyakini makanan yang tidak cocok dengan golongan darah dapat menimbulkan efek seperti melambatnya metabolisme, kembung, dan munculnya penyakit tertentu seperti kanker. Lantas makanan apa saja yang baik dikonsumsi masing-masing golongan darah ? Menurut D'Adamo hal ini tergantung jenis golongan darah, karena setiap golongan darah memiliki jenis makanan sendiri.

  • Golongan Darah A
  • Menurutnya golongan darah A adalah sosok yang vegetarian. Golongan ini tidak cocok makan makanan seperti daging, susu perah, kacang merah, kacang lima, dan gandum. Sedangkan makanan yang baik dikonsumsi seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, seafod, padi-padian, dan biji-bijian yang organik dan segar.  Hal tersebut karena golongan darah A memiliki kekebalan tubuh yang sensitif.
  • Golongan Drah B

Golongan darah B adalah golongan omnivora pemakan segala. Namun juga tidak semua dapat dimakan oleh golongan darah B. Misalnya saja golongan ini tidak boleh mengonsumsi jagung, miju-miju, kacang-kacangan, wijen, benih, soba, dan gandum. Sedangkan makanan yang paling baik untuk menurunkan berat badan adalah semua daging kecuali ayam, susu perah, padi-padian, sayur hijau, telur, hati, teh, dan akar manis

  • Golongan Darah O

Golongan darah ini adlaah tergolong tinggi protein. Makanan yang baik dikonsumsi seperti daging, ikan, sayuran, buah-buahan, seafod, garam, hati, daging merah, kangkung, bayam, dan brokoli. Sedangkan makan yang tidak boleh dimakan adalah gandum, jagung, kacang merah, kacang navy, kacang-kacangan, kubis, bunga kol, dan sawi hijau

  • Golongan Darah AB

Golongan darah AB sendiri adalah percampuran dari tiga golongan darah dengan jumlah sedang. Makanan yang baik dikonsumsi adalah daging, seafod, susu perah, tahu, kacang polong, kacang-kacangan, padi-padian, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Makanan yang dilarang adalah daging merah, kacang merah, kacang lima, benih, jagung, dan soba.  Orang yang memiliki golongan darah ini cenderung memiliki asam lambung yang rendah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline