Lihat ke Halaman Asli

8 Filosofi Yang Tidak Boleh Dibaca Orang Miskin

Diperbarui: 26 Juni 2015   02:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Anda mungkin pernah mendengar bahwa tidak sedikit orang yang memandang kesuksesan sebagai sinonim dari dengan kelimpahan finansial. Itu salah besar! Kelimpahan finansial; sebuah kondisi di mana Anda tidak memiliki kekhawatiran sedikitpun tentang masalah-masalah keuangan. Barangkali memang menjadi salah satu dari sekian banyak elemen kesuksesan. Tapi yang pasti dia bukan elemen utama kesuksesan.

Hal ini harus dimengerti sejak awal karena, bila tidak, maka secara tidak langsung kita menghancurkan arti kesuksesan itu sendiri dan membawanyake sebuah ranah yang menjadi eksklusif bagi beberapa orang padahal kesuksesan adalah hak istimewa setiap orang. Dengan begitu, kita bisa memberi definisi yang sedikit berbeda terhadap kesuksesan. Kesuksesan adalah sebuah prestasi mengagumkan atas sesuatu tindakan nyata yang kita pilih secara sengaja untuk memberikan yang terbaik.

Sebelum Anda terlarut dalam proses mengukir sebuah kesuksesan, baiklah kita melihat dan memahami beberapa filosofi di balik makna kesuksesan berikut ini.

1. Memahami Makna Kegagalan: Setiap penemu, negarawan dan industriawan besar pasti memiliki beberapa bentuk kegagalan yang pernah mereka rasakan ketika mereka menempuh jalan panjang menuju kesuksesan. Ketika membaca, mendengar dan mengulas kehidupan dari orang sukses mana pun, Anda pasti akan menemukan bahwa mereka semua telah menghadapi berbagai macam kegagalan.

Kegagalan merupakan bagian dari kehidupan, terimalah itu sebagai kenyataan. Ingat, bahwasanya orang yang sukses adalah orang yang berhasil menghadapi kegagalan-kegagalan mereka. Mereka belajar dari kegagalan tersebut dan mengubahnya menjadi kesuksesan. Apabila Anda gagal dalam suatu hal bukan berarti Anda seorang pecundang. Artinya, Anda harus mencaritahu mengapa Anda gagal dan belajar dari kegagalan tersebut. Tidak semua orang dapat menjadi seorang penjual yang sukses, bintang film, dokter yang handal atau seorang presiden, tetapi seseorang dapat mengetahui bakatnya dan menjadi sukses.

2. Mengembangkan Sikap Positif: Hanya ada satu orang yang dapat mengendalikan sikap Anda yaitu Anda sendiri. Anda bisa menentukan apakah membiarkan dunia atau tekanan dari luar yang mengendalikan sikap Anda atau Anda bisa mengendalikan dan mengatur sikap Anda. Hal ini kadang lebih mudah untuk dikatakan daripada dilakukan. Tetapi hal ini pasti bisa dilakukan. Manakala Anda memiliki sebuah impian dan Anda sedang dalam proses untuk mewujudkannya, maka Anda akan lebih mudah untuk bersikap positif.

3. MengukurkanTangan Meringankan Beban Orang Lain: Kita semua menghadapi masalah dari waktu ke waktu dan kita hampir selalu dapat melaluinya. Adakalanya kita temukan diri kita tidak dapat memecahkan suatu masalah. Itu artinya kita perlu mencari seseorang yang memiliki permasalahan yang sama atau bahkan lebih besar dari yang kita miliki.

Mulailah dengan membantu orang lain memecahkan masalah mereka. Pada saat kita mengerahkan segala pikiran untuk membantu orang lain, secara tidak langsung kita akan menemukan jalan untuk memecahkan masalah kita sendiri. Jangan bertanya bagaimana itu bisa terjadi? Satu hal yang pasti, kalau itu bisa berhasil.

4. Memberi Lebih dari Sekedar yang Diminta: Anda sebaiknya tidak berharap mendapatkan lebih dari apa yang telah Anda dapatkan apabila semua yang Anda kerjakan sekarang cukup dilewati. Di lain pihak, apabila Anda selalu memberikan lebih dari apa yang diharapkan dari Anda, Anda mungkin akan menemukan bahwa peluang bayaran yang lebih akan terbuka bagi Anda. Begitu juga pada saat-saat sulit, orang-orang yang yang memberikan lebih dari yang semestinyalah yang biasanya sukses.

5. Memiliki Keyakinan yang Kuat: Sebelum Anda bisa sukses dalam setiap usaha, Anda harus yakin dengan diri Anda. Anda juga harus yakin bahwa Anda dapat melihat tugas berlalu menuju keberhasilan. Apabila Anda menentukan tujuan bahwa tahun depan Anda akan kuat dan bebas secara finansial, sebaiknya Anda harus yakin bahwa Anda bisa melakukannya. Semua orang saat ini, tampaknya memiliki hampir semua perangkat yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan. Yang membedakan adalah keyakinan kuat bahwa mereka akan mampu memanfaatkan kelebihannya itu sebagai faktor pendukung. Tanpa keyakinan yang kuat, percuma memiliki kepandaian, kesempatan, ketrampilan dan kekayaan.

6. Menyelesaikan Apa yang Telah Direncanakan: Anda sebaiknya melakukan sesuatu yang dapat membawa Anda lebih dekat kepada impian Anda setiap harinya. Apa yang sering kali terjadi adalah Anda mendapatkan diri Anda tidak memiliki cukup waktu. Ada satu cara yang dapat membantu Anda untuk mengatur waktu Anda yaitu dengan membuat daftar tugas yang harus diselesaikan. Urutkan tugas tersebut dari yang terpenting dan mulailah dari tugas nomor satu. Tetaplah pada daftar tersebut dan apabila memungkinkan, selesaikan semuanya. Sekali Anda dapat menyelesaikan daftar tugas tersebut, buatlah daftar tugas lainnya dan kerjakanlah. Anda segera akan mendapati bahwa tugas-tugas tersebut dapat diselesaikan dengan cepat dan dengan demikian Anda masih memiliki sisa waktu luang untuk pekerjaan lainnya.

7. Mengalir Mengikuti Irama Alam: Dunia ini dipenuhi dengan kekuatan lam. Anda juga pasti memiliki aliran alam dalam kehidupan Anda. Beberapa orang menemukan aliran tersebut selagi usia muda, sementara sebagian lagi pada usia yang cukup tua. Namun ada juga yang tidak pernah menemukan tempat mereka pada aliran tersebut sampai dengan akhir hayatnya. Itulah sebabnya mengapa sangatlah penting untuk menggabungkan bakat dan kesederhanaan Anda dengan jalur pekerjaan yang akan Anda geluti.

Anda dapat mengatakan bahwa Anda berada dalam aliran tersebut ketika Anda dapat membuat pekerjaan sulit terlihat mudah. Ketika Anda menemukan tugas yang sedang Anda kerjakan sangat menjanjikan, Anda tidak menganggapnya sebagai suatu pekerjaan. Ketika Anda menikmati pekerjaan Anda dan menghadapi masalah-masalah dan memecahkannya. Ini adalah beberapa hal yang memberikan contoh bahwa Anda berada dalam aliran alam tersebut.

8. Memanfaatkan Kebebasan Pribadi: Di dunia ini, Anda bebas menjadi apa pun yang Anda inginkan. Kebebasan ini merupakan aset terbesar kita. Seorang anak yang tumbuh besar di kota bisa menjadi seorang negarawan.Seseorang yang dilahirkan cacat dapat belajar untuk mengatasi ketidakmampuannya dan berusaha menjadi pengusaha yang sukses. Kita bisa menjadi apa pun yang kita inginkan dan yang harus kita lakukan adalah memutuskan kita ingin menjadi apa. Jadi, sisihkan sedikit waktu untuk mencari mimpi Anda dan raihlah.

Akhir kata, semoga dengan catatan kecil ini, Anda akan lebih sigap dan mantap dalam menapaki perjalanan panjang mengukir kesuksesan. Selamat berjalan dan sampai jumpa di Titik Finish Kesuksesan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline