Lihat ke Halaman Asli

zoel SoPAN

Saya adalah salah seorang politisi di Aceh, sebelumnya saya adalah jurnalis

Budaya Selfie Adalah Trend Kehidupan Moderen

Diperbarui: 8 Oktober 2016   19:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Akhir-akhir ini selfie menjadi sebuah trend sosial, dimana milyaran penduduk bumi setiap harinya melakukan selfie, nah menarik menelisik budaya baru menjadi trend di dalam komunitas sosial di dunia.

Selfie sebenarnya adalah jenis foto atau potret diri sendiri yang diambil sendiri dengan menggunakan camera, sementara itu kata selfie berasal dari bahasa Inggris yang asal katanya adalah self (pribadi/sendiri).

Selfie itu sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 1900 dengan menggunakan kamera boks Kodak Brownie yang pertama kali dilakukan oleh putri kekaisaran Rusia, Anastasia Nikolaevna yang mengambil foto dirinya sendiri melalui cermin. Namun akhir-akhir ini selfie menjadi sebuah sebuah budaya baru ditengah-tengah gemerlapnya dunia.

Menarik mencermati trend sosial baru ini, booming nya selfie seiring dengan berkembang pesatnya teknologi informasi teknologi dan teknologi elektronik, model telpon seluler yang sudah sangat canggih dengan menggunakan kamera yang ber-resolusi canggih yang mampu menyaingi keberadaan camera digital telah menjadikan Hp sebagai sebuah kebutuhan khusus umat Manusi moderen.

Keberaan Hp canggih seakan menemukan tempat ditengah-tengah berkembangnya teknologi informasi, dimana dunia Maya atau yang biasa disingkat dengan Dumai oleh berbagai kalangan, yang bisa diakses dengan menggunakan media HP seakan menjadi media untuk menunjukkan eksistensi diri.

Lahirnya jejaring sosial yang menjadi aplikasi Hp seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, path, WeChat, istagram dan berbagai jejaring sosial lain nya cukup menjadi mainan baru buat umat manusia di dunia.

Petalian antara perkembangan teknologi elektronik dengan teknologi informasi tersebut yang disambut oleh meningkatnya gaya hidup moderen dan konsumtif sehingga melahirkan sebuah trend baru di tengah-tengah perkembangan dunia.

Selfie menurut saya adalah budaya baru ditengah gemerlapnya dunia moderen, yang disambut oleh umat manusia sebagai wujud eksistensi diri, selfie seakan menjadi media untuk promosi diri untuk berbagai kalangan. (Zoel SoPAN)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline