Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Industri Kreatif pada Perekonomian Indonesia

Diperbarui: 2 Desember 2018   22:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Halo para pembaca setia kompasiana! Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas topik tentang pengaruh industri kreatif terhadap perekonomian Indonesia. Industri kreatif akhir-akhir ini memang sangat ramai diperbincangkan. Salah satu yang mendapat banyak sorotan media adalah bonus demografi tahun 2020 serta kegiatan yang dilakukan anak muda yang didasari oleh kreativitas.

Apa itu industri kreatif? Industri yang berasal dari pemanfaatan ketrampilan, kreativitas dan bakat individu dalam menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. Industri ini akan berfokus untuk memberdayakan daya cipta dan daya kreasi suatu individu.

Berikut contoh industri kreatif yang bisa dikembangkan dan berpengaruh terhadap perekonomian global :

  • Advertising

Kegiatan ini meliputi proses kreasi atau pembuatan ide, operasi, dan distribusi dari periklanan yang dihasilkan, misalnya riset pasar, perencanaan komunikasi periklanan, media periklanan luar ruang, produksi material periklanan, promosi dan kampanye relasi publik.

  • Riset dan Pengembangan (R&D)

Kegiatan kreatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi dan penerapan ilmu dan pengetahuan tersebut untuk perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar.

  • Fashion

Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan desain aksesoris mode lainnya, produksi pakaian mode dan aksesorisnya.

  • Pasar Barang Seni

Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha pengembangan konten, produksi pertunjukan (misal: pertunjukan balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik tradisional)

  • Kuliner

Kegiatan ekonomi kreatif sebagai prakarsa dengan pola pemikir cost kecil tetapi memiliki pangsa pasar yang luas diantaranya usaha kuliner, assesoris, cetak sablon, bordir dan usaha rakyat kecil

Nah sekarang kalian jadi tahu kan apa pengertian dari industri kreatif dan contohnya. Lalu, apa sih hubungan industri kreatif dengan perekonomian Indonesia? Yuk kita bahas!

Ekonomi kreatif secara perlahan akan menggantikan peran komoditas dan sumber daya alam sebagai penyokong perekonomian Indonesia. Industri kreatif merupakan salah satu pilar dalam membangun ekonomi nasional, karena mampu menciptakan sumber daya manusia yang berdaya saing di era globalisasi, sekaligus menyejahterakan masyarakat, yang membuatnya dipandang sangat strategis. Terdapat 3 hal pokok yang menjadi dasar dari ekonomi kreatif yaitu

  • Kreativitas (Creativity)

ide baru atau praktis sebagai solusi dari suatu masalah, atau melakukan sesuatu yang berbeda dari yang sudah ada (thinking out of the box). Seseorang yang memiliki kreativitas dan dapat memaksimalkan kemampuan itu, bisa menciptakan dan menghasilkan sesuatu yang berguna bagi dirinya sendiri beserta orang lain.

  • Inovasi (Innovation)
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline