Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Grammar dalam Mengejar Karier

Diperbarui: 22 April 2024   11:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali bahasa di dunia ini, tetapi bahasa Inggris lah yang digunakan sebagai bahasa internasional. Maka mempelajari bahasa Inggris dapat mempermudah kita dalam mengejar karir misalkan untuk kalian yang ingin belajar ataupun bekerja di luar negeri, kemudian dapat membantu berkomunikasi dengan teman di luar negara, maupun untuk meningkatkan nilai serta kepercayaan diri.
Mengingat di zaman ini, selain teknologi yang sudah semakin canggih, media sosial pun sudah berkembang pesat yang kemudian dimanfaatkan masyarakat sekarang untuk menambah penghasilan. Misalkan dalam usaha online shop, menjadi selebgram, maupun sekedar sarana penghibur bagi diri sendiri. Karena media sosial biasanya bersifat universal yang pastinya menghasilkan komunikasi dua arah entah antar artis dan fans maupun pembeli dan penjual dari sesama ataupun antar negara maka grammar dapat dipelajari seseorang agar mampu berkomunikasi dengan baik, benar dan jelas.
Grammar sendiri adalah struktur penyusunan kalimat yang fungsinya memberikan makna jelas dan benar atau kata lainnya kalimat akan menjadi sempurna. Struktur grammar ini bisa digunakan dalam segala bahasa loh teman-teman, mungkin dalam bahasa Indonesia lebih familiar dengan istilah Subject, Predikat, Objek, Keterangan (SPOK).
Kemudian, apa saja sih kak yang dipelajari dalam grammar itu?

1. Abjad (Alpabet)
Abjad dalam bahasa Inggris sama dengan bahasa Indonesia dari a-z namun hanya penyebutannya saja yang berbeda. Kalian dapat melatih ini dengan bernyanyi alfabet dalam bahas inggris yang lagunya pasti udah familiar buat kalian.

2. Tanda Baca (Punctuation)

Seperti titik (.) koma (,) tanda seru (!), tanda baca (?) dll. Berfungsi supaya memudahkan pembaca untuk menentukan intonasi, memberi jeda antar kalimat, dan mengetahui struktur tulisan. Penempatan tanda baca bisa mengakibatkan salah pengertian loh teman-teman.

3. Kata (Word)

Merupakan satuan bahasa yang mempunyai arti atau pengertian. Kata dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

a) Kata benda (Noun) yang digunakan untuk menamai suatu orang, tempat, maupun benda. Misalnya door, book, car, spoon, dll.

b) Kata Kerja (Verb) yang digunakan untuk menjelaskan pekerjaan yang dilakukan seseorang. Misalnya memasak, menanam, menyapu.
Dalam bahasa Inggris, verb dibagi lagi menjadi beberapa kelas. Yaitu :
-Verb 1 (Infinitive verb) : Kata kerja dasar yang dapat digunakan untuk kalimat yang menunjukan fakta, kebiasaan, kejadian saat ini maupun lampau. Cobtoh katanya eat, fly, give.
-Verb 2 (Simple Past) : Kata kerja bentuk kedua yang digunakan untuk menceritakan kejadian dimasa lampau. Contoh katanya ate, flew, gave.
-Verb 3 (Past Participle) : Bentuk ketiga dari kata kerja ini digunakan untuk membuat kalimat yang menunjukan suatu kejadian itu sudah selesai terjadi atau dilakukan. Contoh Katanya eaten, flown, given.

c) Kata Ganti (Pronoun)
Digunakan untuk membuat kalimat menjadi efektif dengan meminimalisis pengulangan kata dengan menggunakan kata ganti. Misalnya :
•I, me, my
•We, us, our
•He, Him, His
•She, her

d) Kata Sifat (Adjective)
Digunakan untuk mengubah kata kerja atau kata ganti menjadi lebih spesifik. Contohnya: Lazy, kind, lonely, old, dll.

e) Kata Hubung (Konjungsi) Kata yang fungsinya sebagai penghubung, misalnya : and, but, also.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline