Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Demam Berdarah dengan Gerakan PSM pada Yayasan Cahaya Abadi Bersama

Diperbarui: 28 Juni 2024   19:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemaparan Materi Kepada Anak-Anak/dokpri

Tangerang,26 Mei 2024 -- Mahasiswa/i Univ.Bina Sarana Informatika dari Fakultas Ekonomi dan bisnis pada Prodi Akuntansi ,berhasil mengadakan sosialisasi sebagai salah satu bentuk pengambilan nilai UAS dalam mata kuliah "Pendidikan Kewarganegaraan" . Dengan Mengangkat tema "Pencegahan Demam Berdarah dengan Gerakan PSM" , yang dilakukan di salah satu tempat yaitu di Yayasan Cahaya Abadi Bersama .

Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 26 Mei 2024 , di aula yayasan mulai pukul 13:00 -- 15:00 . Pembekalan acara pada Yayasan Cahaya abadi Bersama di pandu oleh Zelvya meiha alfa dan Aminullah sinaga selaku moderator , Asiya dan Merry Tri Lestari selaku video dan fotografer , serta Leni Maryani di bagian Konsumsi . Kegiatan diluar kampus ini melatih mental mahasiswa/I untuk berbicara di depan umum , serta menambah wawasan bagi para adik-adik dari Yayasan Cahaya abadi Bersama . 

Zelvya Meiha Alfa memberikan materi tentang Pencegahan DBD dengan Gerakan PSM , Pada anak-anak dari Yayasan Cahaya Abadi Utama yang berusia dari 4 tahun sampai 8 tahun . demam berdarah adalah salah satu penyakit yang di sebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti , yang Dimana gejala umumnya jika terkena dbd adalah Demam tinggi , sakit kepala , mual , nyeri , bitnik merah , dsb . Pencegahan ini dapat dilakukan dengan Gerakan PSM . Gerakan PSM ( Pemberantasan Sarang Nyamuk ) yaitu dengan cara 3M ( Menutup , Mengubur , Menguras ) . Hal ini sering kali lalai dalam jangkauan kita yang mana bisa menyebabkan sarang nyamuk , yang mengakibatkan penyakit dbd menimpa diri kita .

Anak-Anak Membaca Brosur dan Menyimak Materi/dokpri

Selanjutnya anak-anak  dari Yayasan Cahaya Abadi menyimak dan memperhatikan materi yang di sampaikan , Anak-anak semua sangat antusias dan aktif , mendengarkan serta saling tanya jawab oleh pihak moderator ataupun dengan temannya mengenai materi , yang mana itu juga bagian dari penambah wawasan bagi mereka . dan pada sesi ini akan ada games  bagi  anak-anak mengenai materi yang sudah di berikan dan bagi yang bisa menjawab akan di berikan hadiah berupa snack . 

Sesi Games Tanya Jawab/dokpri

Games di pandu oleh  Merry Tri Lestari  , games kali ini adalah tanya jawab seputar tema kegiatan yaitu Sosialisasi Demam Berdarah Dengan Gerakan PSM, dan beberapa pertanyaan di luar materi kami sebagai hiburan untuk anak-anak , ada 5 pertanyaan 5 bagi anak-anak di antaranya :
1. Apa nama nyamuk penyebab DBD .
2. Cara mencegah penyakit DBD .
3. Apa saja yang bisa menyebabkan DBD .
4. Mata Apa yang tidak bisa pakai kacamata .
5. Waktu hidup dinyanyikan, pas mati dikasih tepuk tangan?  .

Ada 5 anak yang berhasil menjawab pertanyaan pada games ini . Anak-anak  dari Yayasan Cahaya Abadi , sangat bersemangat pada games ini , dan semua jawaban mereka benar .

Foto Bersama Pemenang Dari Games Tanya Jawab/dokpri

Setelah Acara Pemaparan Materi dan Games Selesai,Kami Membagikan Makan Siang,Minuman,dan Cenderamata Kepada Anak-Anak dan Pengurus Yayasan, Setelah Semua Acara selesai Selanjutnya foto bersama anak-anak dari Yayasan Cahaya Abadi Bersama berserta Ketua dan Wakil dari Yayasan . 

Pembagian Makanan,Minuman,Cenderamata/dokpri

Foto Bersama Anak-Anak Yayasan Cahaya Abadi Bersama/dokpri

Foto Bersama Ketua & Pengurus Yayasan Cahaya Abadi Bersama/dokpri

Setelah Sesi Foto Selesai , Kami juga menyampaikan Sedikit Tanda Terima kasih kepada ketua Yayasan Cahaya Abadi Bersama karena sudah memberikan Kesempatan , tempat serta waktu Dalam membantu untuk kegiatan sosialisasi kami . Sebagai salah satu bentuk pengambilan nilai UAS dalam mata kuliah "Pendidikan Kewarganegaraan" . Dengan Mengangkat tema "Pencegahan Demam Berdarah dengan Gerakan PSM". Kami Dari Kelompok 5  Berharap Agar Anak-Anak Bisa Mencegah dan Memahami Bahaya Dari Demam Berdarah Yang Mana Dampaknya Bisa Bahaya Untuk Kesehatan .

Foto Bersama Ketua Yayasan/dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline