Lihat ke Halaman Asli

Maaf, Koran Kami Sudah Tutup (Gugurnya Bisnis Murdoch 1)

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1310782063158527228

[caption id="attachment_123043" align="aligncenter" width="640" caption="Tampilan situs News of the World milik Murdoch (credit-Ilustrasi/notw)"][/caption] Koran terbesar di Inggris itu menyatakan diri ditutup. Mereka resmi mengakhiri kiprah mereka di dunia media dengan penuh sopan santun. Menyapa pembacanya seperti sepasang kekasih yang hendak berpisah untuk waktu yang lama, bahkan bisa dibilang selamanya.

Hari-hari ini jika ada yang hendak memasang iklan di koran itu pasti akan ditolak. Atau hendak berlangganan untuk satu bulan kedepan juga akan ditolak. Alasannya sederhana, mereka sudah tidak lagi beroperasi untuk memproduksi berita. Sudah tutup.

Koran itu adalah News of the World (NOTW), sebuah koran harian yang telah beroperasi di Inggris tidak kurang dari seratus enam puluh delapan tahun! Koran ini merupakan salah satu lini usaha sang taipan media, Rupert Murdoch.

Usianya sudah 168 tahun, tentunya telah menjadi saksi sejarah perjalanan bangsa Inggris dari ratu yang satu ke ratu berikutnya, dan tidak kurang dari sepuluh pergantian perdana menteri juga telah disaksikan oleh mereka. Tentu saja koran ini telah mapan di saat koran-koran di Indonesia dan sebagian besar kawasan Asia masih bergelut dengan dunia penjajahan. Berdiri 1 Oktober 1843,ditutup 10 Juli 2011, sehingga angka 168 tahun bisa sangat berkesan bagi bangsa Inggris.

Berada di tengah-tengah masyarakat Inggris sepertinya akan menjadi semacam keterputusan hubungan emosional. Masyarakat Inggris bisa jadi akan merindukan ketika pagi-pagi mereka sudah dihidangkan berita hangat menemani sarapan pagi dariNOTW.

Untuk mengenang ikatan emosional itu sepertinya NOTW memang tetap memutuskan untuk menutup media mereka karena skandal yang hingga hari ini masih diusut pihak kepolisian. Dan, bentuk perpusahan mereka adalah menerbitkan edisi pertama koran itu dipaket jadi satu bersama edisi terakhir. Dimana mendapatkan edisi awal dan akhir?

Sayangnya, edisi terbatas itu hanya terbatas bagi warga Britania Raya dan Irlandia. Ketika anda mengunjungi situsnyapun anda akan mendapati tampilan perpisahan dengan menampilkan cover edisi perdana dan terakhir. Persebarannya pun dibatasi satu rumah satu paket. Ya, begitulah akhir dari perjalanan NOTW yang telah mencetak ribuan edisi sepanjang karirnya sebagai koran. Terima Kasih dan Selamat Tinggal!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline