Lihat ke Halaman Asli

Saling Berbagi di Bulan yang Suci

Diperbarui: 22 Juni 2022   09:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan penuh keberkahan yang dirindukan oleh umat islam. Dalam islam, Ramadhan merupakan Sayyidu Syuhur atau rajanya bulan, disebut rajanya bulan karena pada bulan suci Ramadhan banyak sekali keberkahan dan kebaikan yang diberikan oleh Allah SWT.  Pada bulan suci Ramadhan umat islam yang sudah baligh dan memenuhi syarat  diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Bulan suci Ramadhan bukan hanya tentang puasa tetapi juga memperbanyak amalan -- amalan sunnah yang lainnya. 

Bagi umat islam melakukan ibadah sunnah, Allah SWT akan memberikan pahala dengan derajat yang sama dengan pahala ibadah wajib dibulan ini. Pada bulan suci Ramadhan masyarakat muslim berbondong -- bondong melakukan kebaikan untuk mengharap keberkahan dari Allah SWT. Selain pahala dalam hal beribadah, Umat muslim di bulan juga diwajibkan untuk saling berbagi kepaada sesame melalui  zakat bagi yang mampu. Hal tersebut bertujuan untuk mensucikan diri dari perbuatan dosa selama bulan Ramadhan dan berbagi kebahagiaan idul fitri kepada fakir miskin.

Bulan Ramadhan merupakan momen special untuk umat muslim  mencari pahala sebanyak-banyaknya dengan saling berbagi baik zakat maupun diluar zakat. Menurut salah satu hadist, '' Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa,maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun juga''. (HR -- Tirmidzi no.807). Salah satu cara yang paling sederhana dan bisa dilaksanakan oleh siapa saja dan dimana saja adalah 'Berbagi Ta'jil'. Kegiatan berbagi Ta'jil dapat dilakukan oleh siapa saja dari anak-anak hingga dewasa. Berbagi Ta'jil juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar berbagi kepada sesama untuk anak-anak agar lebih mengenal keutamaan berbagi di Bulan Ramadhan.

Dokpri

Anak-anak usia sekolah dasar merupakan calon generasi penerus bangsa yang harus dididik secara baik dari segi moral maupun akademik. Apabila anak diajarkan berbagi sejak dini, maka mereka akan memiliki rasa empati dan saling mengerti kondisi orang lain. Oleh karena itu, sifat rendah hati dan peduli sesama akan tumbuh sejak kecil. Dengan mengajak anak anak usia sekolah dasar untuk saling bersosialisasi dan berbagi, bukan hanya amalan saja yang akan di dapatkan, tetapi juga pesan moral yang akan dibawa mereka hingga dewasa.

Untuk meningkatkan rasa syukur dan empati di Bulan Suci Ramadhan tahun ini, segenap tim Kampus Mengajar 2022 SDN 1 Mrican Kec. Jenangan Kab. Ponorogo mengajak siswa-siswi SDN 1 Mrican untuk saling berbagi sesama kepada masyarakat sekitar SDN 1 Mrican melalui berbagi ta'jil. Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan sekitar SDN 1 Mrican pada tanggal 10 April 2022 menjelang adzan magrib. Kegiatan berbagi ta'jil ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 4-6 SDN Mrican dan tim Kampus Mengajar,serta didukung oleh Bapak/Ibu Guru dan segenap staff SDN Mrican. Kegiatan berbagi ta'jil ini mendapat antusiasme  dari banyak warga dan orang tua siswa-siswi.

Dokpri

Kegiatan berbagi ta'jil tim Kampus Mengajar dan siswa siswi SDN Mrican ini merupakan kegiatan baru dan perlu dijadikan rutinitas di Bulan Ramadhan. Selain antusiasme warga dan orang tua siswa yang positif, siswa-siswi SDN 1 Mrican juga sangat bersemangat mengikuti kegiatan berbagi ta'jil. Dengan saling berbagi, siswa-siswi SDN 1 Mrican dapat mengamalkan nilai nilai terpuji melalui berbagi sesuai yang telah dituliskan di dalam Al Quran. Harapannya, kegiatan berbagi di bulan Ramadhan ini dapat menjadi pembelajaran yang abadi serta ladang pahala untuk siswa-siswi SDN 1 Mrican.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline