Lihat ke Halaman Asli

Zilda EvaliaPutri

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Hewan Cacing Seperti Panah? Yuk Kenali Filum Chaetognatha

Diperbarui: 6 Desember 2022   19:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Peter Parks

Tahukah kamu ada berapa banyak jenis hewan yang hidup di Bumi? Jumlahnya bahkan mungkin tidak terhitung. Dari masa ke masa selalu ada spesies hewan baru, dan ada pula hewan yang kemudian punah. Secara umum, hewan dibagi menjadi 2 golongan besar, yaitu vertebrata (hewan bertulang belakang) dan invertebrata (hewan tak bertulang belakang).

Nah, kali ini kita akan membahas salah satu filum yang termasuk kedalam hewan invertebrata. Yuk kita bahas mengenai filum Chaetognatha. Beberapa ciri dari golongan hewan ini adalah:

1. Tubuhnya terlihat tampak transparan hingga tembus cahaya atau buram dan berbentuk panah.

2. Ukuran cacing panah ini biasanya berkisar dari sekitar 3 milimeter hingga lebih dari 100 milimeter.

3. Spesies ini biasa menghuni perairan yang lebih dingin umumnya lebih besar daripada yang berasal dari laut tropis.

4. Tubuhnya terbagi menjadi kepala, batang, dan ekor oleh dua dinding melintang atau selaput dan memiliki sirip lateral berpasangan dan sirip ekor.

5. Sistem pernapasan, peredaran darah, dan ekskresi tidak berkembang dengan baik.

Chaetognatha terdiri dari 2 kelas yaitu Archisagittoidea dan Sagittoidea. Namun kelas yang paling dikenal ialah kelas Sagittoidea karena sejauh ini yang berhasil diteliti lebih lanjut mengenai Chaetognatha hanyalah melalui kelas ini. 

Selain itu juga, kelas Sagittoidea termasuk komponen plankton Chaetognatha yang terbanyak ditemui hidup di lautan tropis. Berikut adalah contoh dari spesies Chaetognatha, yaitu Eukrohnia hamata, Sagitta elegans, Pterosagitta draco, Spadella cephaloptera.

Nah, itulah beberapa informasi penting mengenai filum Chaetognatha. Tubuh hewan dalam filum ini sangat khas dengan bentuknya yang menyerupai panah. Hewan dalam kelompok Chaetognatha ini sangat menarik untuk dipelajari dan diteliti lebih lanjut. Apakah kamu tertarik untuk mempelajari kelompok hewan yang satu ini? Selamat belajar!

Dosen pengampu : Devi Faustine Elvina Nuryadin S.Pi.,M.Si.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline